Djanur Terjatuh, Ferdinand Berselisih dengan M Ridwan

Ilustrasi pertandingan Persib vs Persipura
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVAbola – Bukan pertandingan final namanya jika tak ada drama. Demikian pula yang terjadi dalam partai final Indonesia Super League (ISL) 2014 antara Persib Bandung kontra Persipura Jayapura, yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Jumat 7 November 2014.

Persib sukses mengakhiri dahaga mereka akan gelar juara Liga Indonesia, yang terakhir kali mereka raih 19 tahun lalu. Maung Bandung menang 5-3 lewat adu penalti, setelah bermain 2-2 selama 120 menit. 

Kejadian-kejadian penting, menarik, bahkan lucu, sempat terekam kamera pertandingan. Selain itu, pertarungan sengit di atas lapangan juga tak kalah menyita perhatian publik sepakbola Indonesia yang menyaksikannya. 

Peristiwa yang pertama adalah saat Bio Paulin harus diusir wasit pada menit ke-45+2, karena menerima kartu kuning kedua. Bio Paulin mengganjal keras striker Persib, Ferdinand Sinaga di depan kotak penalti.

Hanya selang semenit,  gawang Persipura bobol akibat gol bunuh diri Immanuel Wanggai. Gol bunuh diri itu mengubah kedudukan menjadi 1-1, yang bertahan sampai turun minum.

Kejadian lucu juga terjadi ketika gawang Persib dibobol Boaz Solossa pada menit ke-80 untuk mengubah kedudukan menjadi 2-2. Seketika, pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, terjatuh, entah apa penyebabnya. Yang jelas, peristiwa itu terekam jelas di kamera. 

Tensi pertandingan yang tinggi membuat terjadi sedikit perselisihan antara dua pemain Persib, Ferdinand dengan Muhammad Ridwan saat extra time. Sesungguhnya situasi itu sudah terlihat di babak kedua, Ferdinand meminta support lebih dari lini tengah agar memudahkannya mencetak gol.

Ferdinand juga sempat terlihat menumpahkan kekesalan kepada pelatih Djadjang Nurdjaman, dan minta agar para pemain tengah lebih banyak mengalirkan bola kepadanya. Namun, Djadjang terlihat merespons dengan dingin protes Ferdinand.

Bek asing Maung Bandung, Vladimir Vujovic, juga terpaksa harus diusir keluar lapangan pada babak kedua extra time. Vujovic mendapatkan kartu kuning kedua setelah mencoba menyundul bola yang ada di dekapan kiper Persipura, Dede Sulaiman. Sebuah tindakan konyol yang malah menyulitkan Persib di sisa waktu.

Tapi, akhirnya Persib mampu menjadi juara setelah tendangan penalti Ahmad Jufriyanto tak bisa dibendung Dede Sulaiman. Sebelumnya, gelandang Persipura, Nelson Alom, lebih dulu gagal menuntaskan tugasnya sebagai algojo keempat.

Lihat berita menarik lainnya klik di sini

Persija Jakarta Vs Persib Bandung

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

The Jakmania akan orenkan Manahan saat lawan Persib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016