Carlsberg Gelar Kompetisi Futsal Berskala Nasional

Calsberg gelar kompetisi futsal
Sumber :
  • VIVAbola/Satria Permana
VIVAbola -
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
Popularitas futsal di Indonesia semakin meninggi dalam beberapa tahun terakhir. Untuk itu, salah satu produsen bir internasional, Carlsberg, menyelenggarakan sebuah turnamen futsal berskala nasional.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Kompetisi ini bertajuk
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot
Carlsberg Futsal Tournament . Kompetisi ini sudah digelar sejak 2013 lalu. Namun, tahun lalu kompetisi ini hanya digelar di 3 kota saja, Jakarta, Surabaya, dan Lombok.

"Tahun ini kami menggelarnya di enam kota. Bali, Surabaya, Jakarta, Medan, Makassar, dan Lombok. Kami berharap dengan ini popularitas futsal di Indonesia semakin meningkat," kata Product Manager Carlsberg Indonesia, Nouvera Aprileni, saat menggelar jumpa pers di kawasan Mahakam, Jakarta, Rabu, 5 November 2014.


Meski digelar di enam kota, Carlsberg tak menggelar putaran final di satu tempat. Artinya, juara di setiap wilayah tak akan diadu untuk mendapatkan juara utama.


Tahun ini
Carlsberg Futsal Tournament
diikuti oleh 288 klub dari 6 kota tersebut. "Kota lain slotnya 32 tim. Jakarta, sebagai sentral pengembangan futsal, punya keistimewaan. Slotnya kami sediakan hingga 128 tim," ujar Event Director, Doni Zola.


Doni menjelaskan tujuan digelarnya
Carlsberg Futsal Tournament
adalah untuk membantu PSSI dan Asosiasi Futsal Indonesia (AFI) dalam mengembangkan pembinaan futsal di tanah air. Donzol --sapaan akrab Doni Zola-- sadar bahwa pengembangan futsal di Indonesia tak bisa dikerjakan oleh PSSI dan AFI secara mandiri.


"Manajemen masih belum tertata rapi. Kompetisi futsal juga belum jelas. Itu mengapa, kami sangat ngotot menggelar kompetisi ini. Salah satu pemain jebolan Carlsberg Futsal Tournament adalah penggawa timnas futsal di Piala AFF yang lalu, Bayu Saptadji," ucap Donzol.


Carlsberg menetapkan peserta kompetisi ini rataan usianya adalah 21 hingga 30 tahun. Selain kategori umum, Carlsberg juga akan menggelar kompetisi antar media.


Belum berani rambah sepakbola


Carlsberg menegaskan mereka belum berani menanamkan sahamnya di dunia sepakbola profesional Indonesia. "Kami masih fokus di futsal dulu," ucap Nouvera.


Salah satu
brand
bir internasional yang sudah pernah mensponsori klub Indonesia adalah Anker. Sejak musim lalu, Anker menanamkan sahamnya di klub semifinalis Liga Super Indonesia (ISL) 2014, Arema Cronus.


"Belum bisa sepertinya ikuti jejak kakak kami (Anker). Ada beberapa pertimbangan yang membuat kami menahan diri mensponsori klub Indonesia. Salah satunya manajemen klub yang masih belum tertata rapi," ucapVera --sapaan Nouvera--.


Sebenarnya, di Eropa, bir asal Denmark ini sudah mensponsori beberapa klub ternama. Beberapa di antaranya adalah Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Liverpool.


Lihat berita menarik lainnya dengan
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya