Profil Semifinalis ISL: Pelita Bandung Raya

Pelita Bandung Raya (PBR)
Sumber :
  • ANTARA FOTO
VIVAbola
Alasan Pesepakbola Nasional Baru Melakukan Aksi Mogok
- Kejutan Pelita Bandung Raya terus berlanjut. The Boys Are Back sukses meneruskan kiprahnya di Liga Super Indonesia (ISL) musim 2014-15 hingga babak semifinal.

Tekanan Membuat Pemain PBR Tampil Menggila
Tak ada yang menyangka PBR bisa melaju sejauh ini. Status kuda hitam pun disematkan kepada tim yang berbasis di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, tersebut.

Strategi Tak Biasa Pieter Huistra Jadi Resep Kemenangan PBR
Perjalanan PBR memang fenomenal. Baru musim lalu, The Boys Are Back kembali ke ISL setelah Bandung Raya membeli hak tampil Pelita Jaya. Sebelumnya, Bandung Raya hanya tampil di Divisi III Liga Indonesia. 

Awalnya, perjalanan PBR tidak berjalan mulus. Musim lalu, PBR bahkan nyaris terdegradasi. Beruntung, PBR mampu menang 2-1 atas Persikabo Bogor di babak playoff.

Berkaca dengan hasil buruk di musim lalu, PBR berbenah. Sejumlah nama bintang penuh pengalaman direkrut. Bambang Pamungkas, Nova Arianto dan Talaohu Abdul Musafri direkrut untuk menyalurkan pengalaman kepada para pemain muda yang sudah ada.

Skuad yang merupakan paduan pemain muda dan pengalaman itu dipercayakan kepada Dejan Antonic. Pelatih asal Serbia itu memang dikenal punya sentuhan midas jika menangani tim yang punya banyak pemain bintang. 

Hasilnya, sungguh luar biasa. PBR mampu mengalahkan tim besar seperti Persija Jakarta dan Sriwijaya FC untuk merebut tiket ke 8 Besar. Di babak 8 Besar, giliran Persebaya Surabaya dan Mitra Kukar yang dibuat gigit jari.

PBR lolos ke semifinal setelah mengalahkan Persib Bandung dengan skor 2-1 di laga terakhir, Kamis kemarin. Hasil itu menempatkan The Boys Are Back di peringkat 2 grup dengan 8 poin.

PBR kini punya peluang untuk mengulang sejarah di masa lalu. Di era Galatama, Pelita Jaya begitu berjaya. Mereka mampu merebut tiga gelar juara, yaitu pada 1989, 1990, dan 1994.

Sementara itu, Bandung Raya (cikal bakal PBR) pernah meraih gelar pada 1995-96. Di final, mereka mengalahkan PSM Makassar dengan skor 2-0 berkat gol Peri Sandria dan Heri Rafni Kotari.

Mampukah PBR meraih juara untuk pertama kalinya di era ISL? Mungkin agak berat karena lawan di semifinal adalah sang juara bertahan, Persipura Jayapura. Namun, bukan tak mungkin kejutan The Boys Are Back terus berlanjut hingga tangga juara.

Sosok Bambang Pamungkas sangat diharapkan bisa membakar semangat skuad muda PBR. Pengalamannya sebagai pemain Timnas dan juga beberapa klub besar tentu akan sangat membantu pemain seperti Rizki Pellu, Kim Kurniawan dan David Laly yang baru merangkak menuju kesuksesan.

Hasil Pelita Bandung Raya di babak 8 Besar ISL 2014-15:

06 Oktober 2014 Persib Bandung 1 - 0 Pelita Bandung Raya

10 Oktober 2014 Pelita Bandung Raya 0 - 0 Persebaya Surabaya

14 Oktober 2014 Mitra Kukar 1 - 0 Pelita Bandung Raya

21 Oktober 2014 Pelita Bandung Raya 1 - 0 Mitra Kukar

26 Oktober 2014 Persebaya Surabaya 1 - 1 Pelita Bandung Raya

30 Oktober 2014 Pelita Bandung Raya 2 - 1 Persib Bandung

Formasi Inti:
Kiper: Deniss Romanovs
Bek: Wildansyah, Boban Nikolic, Nova Arianto, Dias Angga Putra
Tengah: Imam Fathurohman, Rizki Pellu, Kim Kurniawan
Depan: TA Musafri, Bambang Pamungkas, David Laly

Baca juga profil semifinalis lainnya: Persib Bandung, Persipura Jayapura, Arema Cronus
(one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya