Bobotoh Tak Ingin Gegabah Dampingi Persib ke Jakarta

Suporter Persib dan Persija Berdamai di Cibinong
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAbola - Pendukung Persib Bandung atau akrab disebut bobotoh tidak mau gegabah saat menyambangi Jakarta di laga semifinal Liga Super Indonesia (ISL), 4 November mendatang. Bobotoh ingin kepergian mereka ke Ibu Kota berjalan lancar dan tidak menimbulkan gesekan dengan suporter Persija Jakarta yang dijuluki The Jakmania.

Seperti diketahui, Persib Bandung berhasil melaju ke babak semifinal ISL 2014. Skuad Maung Bandung akan berhadapan dengan wakil Jawa Timur,  Arema Cronus, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa, 4 November 2014.

Bobotoh tentu saja tidak ingin melewatkan kesempatan ini. Pendukung fanatik Maung Bandung itu ingin mendampingi tim kesayangannya saat menghadapi Singo Edan. Apalagi, manajemen Persib sudah menyediakan 100 bus untuk mengangkut mereka. 

Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong

Namun, bukan hal mudah bagi Bobotoh untuk melangkah ke Jakarta. Sebab, perjalanan mereka berpotensi menimbulkan gesekan dengan suporter Persija, Jakmania yang sejauh ini belum bisa dikatakan benar-benar akur usai penandatanganan nota damai di Bogor. 

Selain itu, Bobotoh juga dikenal punya hubungan yang tidak harmonis dengan fans Arema, Aremania. Selama ini, Bobotoh lebih akrab dengan suporter Persebaya atau akrab disebut Bonekmania, dan Jakmania justru dikenal lebih dekat dengan Aremania.

Bobotoh Diharap Tetap Dukung Persib di Pakansari

Untuk menghindari masalah, kelompok-kelompok suporter Persib Bandung terus melakukan koordinasi dengan pihak keamanan. Bobotoh juga ingin mendapat kepastian keamanan dari pihak penyelenggara sebelum memutuskan bertolak ke Jakarta.

“Rencana keberangkatan kita ke Jakarta sebenarnya sudah dibahas dengan pengurus maupun anggota kami. Tinggal melakukan koordinasi dengan pihak keamanan seperti apa proses pengamanan terhadap kami ketika akan menuju dan saat berada di sana (Jakarta),” jelas Ketua Bobotoh Maung Bersatu (Bomber), Asep Abdul.

Hal senada diungkapkan pengurus kelompok suporter Persib terbesar, Viking, Yana Umar. Menurutnya, panitia penyelenggara juga harus bekerja keras, khususnya dalam mengawal setiap kelompok suporter yang nanti hadir di Jakarta agar tak terjadi bentrokan.

“Panitia penyelenggara tentunya harus memberikan jaminan keamanan, tak hanya buat tim yang tampil, juga suporter yang nanti hadir di sana. Mau tak mau masalah keamanan ini, perlu mendapatkan perhatian serius dari panitia,” ujar Yana.

Sosok yang dikenal sebagai Dirigen Viking itu yakin banyak Bobotoh yang berkeinginan kuat untuk datang langsung mendukung perjuangan Persib di SUGBK. Apalagi, Manajer Persib, Umuh Muchtar, pun siap memfasilitasi dengan menyediakan 100 bus untuk mengangkut Bobotoh yang bakal pergi mendukung langsung perjuangan Persib.

Seluruh bus yang disiapkan, menurut Umuh, sudah dipesan dan tinggal digunakan sambil menunggu perkembangan soal tempat pelaksanaan laga semifinal dan final ISL 2014. Sebab, meski PT Liga Indonesia sudah menetapkan digelar di Jakarta, bukan tak mungkin karena alasan keamanan, laga semifinal dan final dipindahkan ke tempat lain. (one)

Persija Jakarta Vs Persib Bandung

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

The Jakmania akan orenkan Manahan saat lawan Persib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016