Bawa Mobil Pribadi, Wasit Elite FIFA Disanksi

Wasit Inggris, Mark Clattenburg
Sumber :
  • TALKSport
VIVAbola - Reputasi wasit FIFA asal Inggris, Mark Clattenburg, tercoreng. Dia dilarang memimpin pertandingan setelah kedapatan membawa mobil pribadi ke pertandingan. 
Gelandang Liverpool Pensiun dari Timnas Inggris

Seperti dilansir Mirror, Clattenburg berangkat tugas menjadi ofisial laga West Bromwich Albion kontra Crystal Palace, Sabtu lalu, dengan mobil pribadi. Hal tersebut dilakukannya agar bisa mengejar waktu untuk menyaksikan konser penyanyi kenamaan Inggris, Ed Sheeran, di Newcastle pada hari yang sama.
Manajer Crystal Palace Akui Leicester Layak Juara

Tindakan pria 39 tahun itu melanggar protokol Premier League yang menyebut wasit harus pergi ke pertandingan bersama ofisial lainnya. Protokol itu dilakukan demi menjaga integritas dan keamaan sang pengadil lapangan.
7 Fakta Menarik Usai Leicester Tekuk Crystal Palace

Selain itu, Clattenburg juga diberitakan menjalin komunikasi dengan Manajer Palace, Neil Warnock, sebelum pertandingan dimulai. Tindakan tersebut melanggar kode etik Premier League yang melarang ofisial pertandingan berkomunikasi dengan manajer tim yang akan bertanding sebelum laga.

Dalam aturan yang berlaku, ofisial pertandingan baru diperbolehkan menjalin komunikasi dengan manajer setelah pertandingan. Atau hanya ketika semua asistennya hadir, atau dengan izin Asosiasi Wasit Profesional Premier League (PGMO).

Premier League menanggapi hal ini sebagai masalah internal. Clattenburg pun hanya disanksi tak boleh memimpin pertandingan pada pekan depan. Namun, dia masih diizinkan memimpin pertandingan di Liga Champions.

Selain terkenal tegas dan punya reputasi, Clattenburg juga penuh kontroversi. Dia pernah mendapat sanksi 8 bulan karena masalah utang. Selain itu, Clattenburg juga pernah dituntut Chelsea karena dianggap mengeluarkan kata yang tak pantas kepada John Obi Mikel. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya