Data dan Fakta Menarik Jelang Laga El Clasico

Pemain Barcelona, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez
VIVAbola –
Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN
Laga El Clasico pertama di ajang La Liga akan tersaji di jornada 9, Sabtu 25 Oktober 2014 pukul 23.00 WIB.  Real Madrid akan bertindak sebagai tuan rumah, dengan menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu.

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Duel keduanya memang selalu dinanti-nanti oleh para pecinta sepakbola,  laga yang kerap berjalan cukup keras dan disertai oleh drama dari beberapa pemainnya menjadi hiburan tersendiri. Namun, yang selalu menjadi pusat perhatian adalah pertarungan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.
Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya


Sementara itu, Luis Suarez berpeluang memulai debut resminya bersama Barcelona karena masa hukuman 4 bulan yang diterimanya dari FIFA telah berakhir. Sebelum menyaksikan duel akbar ini, kita simak beberapa data dan fakta menarik yang dirangkum dari berbagai sumber.


Data dan Fakta di Laga Real Madrid vs Barcelona:

1. Dalam 12 pertemuan terakhirnya di ajang La Liga, Real Madrid hanya mampu mengemas 2 kemenangan saja atas Barcelona. Sedangkan El Barca berhasil menang 8 kali, dan 2 lagi bermain imbang.


2. Barcelona yang saat ini menjadi pemuncak klasemen sementara La Liga, belum terkalahkan dan juga kebobolan dalam 8 laga yang telah dilakoninya. Bila tak kebobolan saat melawan Madrid, maka skuad asuhan Luis Enrique akan mencatatkan rekor clean sheets terpanjang dalam sejarah La Liga.


3. Real Madrid menjadi tim pertama dalam waktu 27 tahun yang mampu mencetak 30 gol dari 8 laga pertama di ajang La Liga. Torehan ini menyamai catatan mereka sendiri yang terjadi pada musim 1987-1988.


4. Cristiano Ronaldo sejauh ini masih menjadi pemuncak klasemen sementara top skorer dengan 15 gol. Catatan ini mengalahkan rekor milik Echevarria, pemain Real Oviedo yang menorehkan 14 gol dalam 8 laga di kompetisi La Liga pada musim 1943-1944


5. Torehan 15 gol yang dicetak Ronaldo, disamai oleh duet Lionel Messi (7 gol) dan Neymar (8 gol). Messi masih menjadi pencetak assist terbanyak sejauh ini dengan 7 assist.


6. Lionel Messi sudah mencetak 250 gol di ajang La Liga. Pemain yang sudah membela Barcelona sejak 2004 itu hanya butuh 2 gol tambahan untuk melewati rekor 251 gol milik Telmo Zarra dan mencatat diri sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah La Liga.


7. Real Madrid dan Barcelona selalu mencetak gol dalam 16 laga terakhir El Clasico, ini menjadi catatan terpanjang dalam sejarah pertemuan keduanya.  Laga terakhir yang hanya salah satu tim yang mencetak gol, yakni saat Barcelona menang 2-0 pada semifinal Liga Champions 2011 di Santiago Bernabeu.


8. Dari 288 laga El Clasico di semua ajang, hanya 8 pertandingan saja yang berakhir tanpa gol. Terakhir kali, terjadi dalam laga lanjutan La Liga pada November 2002.


9. Kemenangan terbesar yang terjadi di laga El Clasico, dibuat oleh Real Madrid dengan mengalahkan Barcelona lewat skor 11-1 di ajang Copa del Rey 1943. Sedangkan kemenangan terbesar Los Blancos atas El Barca di La Liga, adalah 8-2 pada 1935.


10. Cristiano Ronaldo telah menyumbangkan 13 gol untuk Real Madrid di laga El Clasico. Sedangkan Lionel Messi yang sudah membobol gawang Real Madrid sebanyak 21 kali.


11. Lionel Messi menjadi satu-satunya pemain yang saat ini berhasil mencetak hattrick dalam laga El Clasico. Pemain asal Argentina itu menorehkannya pada Maret 2007 dan Maret 2014 di ajang La Liga. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya