"Kesuksesan Barca Bukan karena Para Pemain Semata"

Pelatih Bayern Munich, Pep Guardiola
Sumber :
  • REUTERS/Maxim Zmeyev
VIVAbola - Pelatih AS Roma, Rudi Garcia memuji pencapaian pelatih Bayern Munich, Josep "Pep" Guardiola ketika menukangi Barcelona. Menurutnya, apa yang diberikan Guardiola menunjukkan bahwa pelatih memiliki andil besar dalam kesuksesan satu tim. 
Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Guardiola menjadi pelatih kepala Barcelona pada 2008, menggantikan Frank Rijkaard, yang sebelumnya meraih beberapa trofi penting. Dan, pencapaian Guardiola ternyata luar biasa, mengingat dia sukses mempersembahkan 14 titel dalam kurun waktu empat tahun.
Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

"Guardiola merupakan salah satu yang terbaik. Dia membuat keputusan tak mudah dengan membesut klub yang telah memenangi semua trofi pada tahun sebelumnya," ujar Garcia, sebagaimana dilansir Caughtoffside, Selasa 21 Oktober 2014.
Liverpool Gilas Barcelona di Wembley

"Dia telah menunjukkan bahwa kesuksesan Barcelona tak hanya bergantung pada para pemain. Tapi, pelatih dan sentuhannya juga memiliki peran," sambung pelatih asal Prancis yang juga pernah membesut Dijon, Le Mans, dan Lille tersebut.

Garcia akan bertemu Guardiola pada laga lanjutan Liga Champions antara Roma dan Bayern, Rabu 22 Oktober 2014 dini hari WIB. Meskipun Bayern merupakan tim langganan sukses di Liga Champions, Garcia mengatakan I Lupi selalu siap menghadapi lawan manapun.

"Kami akan melakukan segala cara agar segalanya berjalan sulit untuk Bayern dan kami meraih poin. Kami selalu respek pada lawan, tapi kami tak takut tim manapun. Kami lapar (kemenangan) dan ingin menunjukkan penampilan hebat," tutur Garcia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya