Platini Usulkan Kartu Putih dalam Pertandingan Sepakbola

Ilustrasi wasit memberikan kartu merah
Sumber :
  • iStock
VIVAbola - Presiden UEFA, Michel Platini, kembali melontarkan ide baru dalam permainan sepakbola. Legenda Prancis ini mengajukan ide untuk memunculkan kartu putih selain kartu kuning dan merah dalam sebuah pertandingan sepakbola.
Laris Manis, Mobil Listrik Xiaomi SU7 Sudah Diproduksi 10.000 Unit

Dilansir Soccerway, kartu putih ini punya fungsi sebagai hukuman sementara bagi pemain yang kerap mengumpat atau menentang keputusan wasit. Pemain yang mendapat kartu putih akan dikeluarkan selama 10 menit untuk "menebus dosa".
Ini Bukan Penipuan, Kini Surat Konfirmasi Tilang Dikirim Polisi Lewat WhatsApp

Platini memang memandang permainan sepakbola kerap menjadi tempat bagi para pemain untuk melecehkan wasit. Bahkan, kata-kata tak pantas kerap muncul saat pemain kesal dengan keputusan wasit.
Kata Venna Melinda Soal Kabar Kedekatan Verrell Bramasta dan Putri Zulhas

Hal itu yang membuat Platini sangat mendukung ide digunakannya kartu putih dalam sebuah pertandingan sepakbola. Ide ini diambil dari permainan hoki es di Amerika Serikat (AS) yang juga mengenal kartu putih.

Saat disinggung mengenai kerancuan dengan kartu kuning, Platini menegaskan bahwa kartu kuning hanya diberikan bagi pemain yang melakukan pelanggaran dalam sebuah pertandingan. 

Dalam kesempatan itu, Platini juga mengaku ingin pergantian pemain tak hanya tiga kali dalam sebuah pertandingan. Hal itu dianggap Platini akan membuat para pelatih semakin mudah mengubah strategi. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya