ISL U-21: Tumbangkan Persipura, Sriwijaya Berpeluang Pertahankan Gelar

Sriwijaya FC U-21 (kuning)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Feny Selly/Koz/14.
VIVAbola
Sriwijaya FC Bantai PS TNI di Jakabaring
– Sriwijaya FC selangkah lagi menyamai catatan Persela Lamongan yang berhasil meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) U-21 dua musim berturut-turut. Setelah di laga semifinal secara dramatis menyingkirkan Persipura Jayapura lewat drama adu penalti 4-3 (1-1) di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis malam 16 Oktober 2014.

Penalti Luiz Junior Bawa Barito Ungguli SFC di Babak I

Kedua tim harus menyelesaikan pertandingan lewat adu penalti setelah dalam waktu normal dan perpanjang waktu 2 x 15 menit, bermain imbang 1-1. Pada laga ini, Persipura sebenarnya bisa memenangkan pertandingan andai eksekusi penalti, Israel Fonataba pada menit 22 berhasil dikonversi jadi gol setelah tendangannya dapat diantisipasi kiper Sriwijaya Teja Paku Alam.
Hadapi Sriwijaya FC di Laga Pertama, Ini Kata Pelatih Persib


Persipura kemudian berhasil unggul lebih dulu lewat Fredi Jeferson Isir pada menit ke-39. Namun, sang juara bertahan yang tak mau kehilangan gelarnya, merespons lewat gol Manda Cingi pada menit 52. Skor imbang ini, bertahan hingga babak kedua berakhir. Mental juara Sriwijaya FC cukup teruji setelah berhasil memenangkan duel tendangan 12 pas.


Dari lima eksekutor yang Sriwijaya FC, hanya Mariando yang menjadi penendang pertama gagal menjalankan tugasnya. Sementara dua eksekutor Persipura, Yoppi Simon dan Haniel Nabu tak mampu menunaikan tugasnya sebagai algojo.


“Sekarang kita tinggal selangkah lagi dan berharap gelar juara tahun 2013 bisa dipertahankan. Pertandingan ini sangat menarik, kedua tim sama-sama cukup kuat. Tapi Alhamdulillah kita bisa memenangkan pertandingan yang cukup sengit ini,” ungkap Pelatih Sriwijaya FC Andi Susanto.


Sementara itu, pelatih Persipura, Amilton Oliveira mengatakan, tak kecewa dengan upaya yang dilakukan anak asuhnya.


“Kami akui kualitas Sriwijaya FC memang bagus dan ada faktor keberuntungan juga yang mungkin tidak memihak kami. Kali ini bukan kesempatan dan waktu buat kita, tapi ke depannya kita akan bekerja lebih keras lagi agar dapat juara," harapnya.


Di final yang bakal digelar Minggu 19 Oktober 2014, Sriwijaya FC bakal ditantang Semen Padang yang berhasil mengandaskan perlawanan finalis musim lalu, Mitra Kukar dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan Semen Padang dilesakkan Hendra Adi Bayaw pada menit 63 dan 69.


Jika di final nanti berhasil mengalahkan Semen Padang, Sriwijaya FC bakal menyamai pencapaian Persela Lamongan yang meraih juara dalam dua musim berturut-turut. Persela sukses menguasai ISL U-21 pada musim 2011 dan 2012
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya