Lawan PBR, Persebaya Ditinggal 2 Pemain Andalannya

Pemain ISL Gabung Timnas
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Jelang kontra Pelita Bandung Raya (PBR) di babak 8 besar Grup L ISL, amunisi Persebaya kembali tergerus akibat cedera. Dua pemain andalan Bajul Ijo, Dedi Kusnandar dan Ricardo Salampessy dipastikan absen dalam laga yang berlangsung Jumat 10 Oktober  mendatang.

Wagub DKI: Kalau Bonek Mengganggu, Kami Tindak Tegas

Dedi Kusnandar yang hanya bermain 28 menit ketika menjamu Mitra Kukar pada laga perdana babak 8 besar Grup L, divonis absen lebih lama. Kapten tim nasional U-23 Indonesia di Asian Games 2014 itu mengalami kambuhan pada cederanya.

Sedangkan Salampessy masih berkutat dengan cedera lutut sejak melawan Mitra Kukar, September lalu. Situasi ini yang membuat pelatih Rahmad Darmawan dihadapkan pada persoalan serius.

Selain harus menutup celah bek tengah yang ditinggalkan Ricardo, pengatur keseimbangan di masa transisi dari menyerang ke bertahan atau sebaliknya yang diperankan Dedi, juga harus segera dicari penggantinya.

Ironisnya, dari materi yang ada, pilihan realistis ada pada Lestusen Manahati. Padahal dia sudah lama tak menempati pos itu untuk menutup kelemahan di lini belakang.

“Secara man to man marking memang masih bisa dijalani dengan baik. Tapi akibat lama tidak menempati posisi gelandang bertahan, Lestusen kehilangan kemampuan covering area. Kemampuannya tidak sebaik ketika ada di posisi bek sebagai holding midfielder," terang RD soal situasi terakhir timnya kepada VIVAbola.

"Tapi mau bagaimana lagi, hanya itu materi yang kita punya. Terlalu berisiko menurunkan pemain pengganti karena babak ini semua laga sangat penting. Saya berharap Lestusen bisa cepat adaptasi untuk modal lawan Pelita Bandung Raya nanti, ” sambungnya.

Dedi memang riskan diturunkan ketika melawan Mitra Kukar, apalagi bersama Alfian Tuasalamony, Lestusen, Fandi Eko Utomo dan Novri Setiawan, dia baru menunaikan tugas negara di Asian Games. Kala itu, Dedi juga mengalami cedera ketika melawan Korea Utara.

Belum genap dua pekan, cedera itu kambuh lagi setelah berbenturan dengan Erick Week Lewis. Alhasil, Dedi didiagnosa absen hingga putaran pertama babak 8 besar berakhir.

Terkait kondisi Ricardo, pelatih asal Metro Lampung tersebut juga mengaku tak bisa berbuat banyak. Mantan pemain Persipura Jayapura itu pun akan absen kontra Pelita Bandung Raya dan Persib Bandung.

Bonek memenuhi Stadion Tugu, Jakarta Utara

Bonek 'Sulap' Stadion di Jakarta Bak Markas Sendiri

Mereka berorasi dan bernyanyi yel-yel Persebaya.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016