Pro Duta Akan Tentukan 22 Pemain yang Berangkat ke Italia

Pro Duta
Sumber :
  • Satria Permana/VIVAbola
VIVAbola - Program persiapan Pro Duta dalam membentuk tim untuk mengikuti turnamen Torneo Viareggio di Italia pada Februari 2015 mendatang, memasuki tahap akhir. Setelah melewati penyeleksian di 4 kota, kini Pro Duta akan melakukan proses yang sama di Jakarta.
Pro Duta Tidak Berminat Ikut Kompetisi Tim Transisi

Ini menjadi seleksi terakhir sebelum Pro Duta melakukan tahap akhir penentuan 22 pemain yang akan diboyong ke turnamen khusus usia 19 tahun ke bawah tersebut. Dijadwalkan, seleksi Jakarta akan berlangsung dari tanggal 8 hingga 10 Oktober mendatang. 
CAS Nilai Pro Duta Tak Layak Tampil di ISL

"Seleksi ini bukan khusus untuk orang di Jakarta saja. Tapi pemain muda yang bisa hadir ke Jakarta juga boleh ikut seleksi," ujar perwakilan manajemen Pro Duta, Belinda Siahaan, kepada wartawan dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa 30 September 2014.
Pro Duta Kirim Tim Usia Muda ke Italia

Sebelumnya, Pro Duta sudah menyaring 88 pemain dari empat kota, yaitu Soe (Nusa Tenggara Timur), Sorong (Papua Barat), Tobelo (Halmahera) dan Medan (Sumatera Utara). Seleksi lebih banyak dilakukan di daerah yang kurang terjamah, karena mereka ingin menggali talenta yang sebelumnya tak pernah diperhatikan.

"Di sana banyak talenta, tapi tidak didukung infrastruktur dan SDM bagi pembinaan sepakbola di sana. Itu kenapa kami harus jemput bola ke sana," jelas Belinda. 

Seleksi final akan berlangsung 16-17 Oktober mendatang. Ada beberapa standar yang harus dilalui peserta untuk bisa tampil di Italia. Di antaranya adalah kecepatan, fisik, kemampuan membaca permainan.

Turnamen Torneo Viareggio ini sudah digelar sejak 1949. Kompetisi bahkan sudah diakui oleh Federasi Sepakbola Italia (FIGC), UEFA, serta FIFA. Beberapa pemain besar lahir dari turnamen ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya