Timnas U-23 Wajib Waspadai Performa Menawan Thailand

Pemain Indonesia, Fandi Eko Utomo, di Asian Games 2014
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saptono
VIVAbola
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
- Ketangguhan Timnas Indonesia U-23 di ajang Asian Games 2014 akan menemui ujian saat menjajal Thailand U-23 pada laga terakhir Grup E, Senin sore 22 September 2014. Skuad "Garuda Muda" patut waspada dengan performa sang lawan.

Daftar Tim Asia yang Lolos ke Babak 3 Pra Piala Dunia 2018

Sampai saat ini, Thailand yang diasuh oleh legenda sepakbola "Negeri Gajah Putih", Kiatisuk Senamuang, mencatatkan rekor tak terkalahkan dalam 8 laga kompetitif terakhir, 2 kali imbang dan sisanya menang.
Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia


Thailand U-23 kali terakhir kalah di laga kompetitif pada SEA Games 2011 silam. Sedangkan dalam 7 pertandingan persahabatan terakhir, prestasi mereka pun cukup memuaskan, 3 kali kalah dan 4 kali menang.


Thailand U-23 kalah dari tim-tim senior yang tampil di Thailand Premier League seperti Police United, Bangkok United, dan TPL Japan All-Star. Meski kalah, skornya sangat tipis tak lebih dari satu gol.


Sedangkan saat menjajal timnas selevel seperti Myanmar atau Qatar, Thailand U-23 berhasil meraih kemenangan. Bahkan, mereka membantai Myanmar 8-1 di laga ujicoba kedua, akhir Agustus lalu.


Head to head antara Indonesia U-23 melawan Thailand U-23 masih dipegang oleh sang lawan dari tiga laga terakhir. Sempat menang 3-1 di SEA Games 2011, Indonesia setelah itu takluk 1-4 di penyisihan grup SEA Games 2013 dan kalah 0-1 di final.


Melihat hasil dua pertandingan terakhir, skuad Indonesia harus lebih waspada. Pasalnya, tim Thailand relatif tidak berubah banyak dari tim SEA Games tahun lalu. Dua penampilan meyakinkan pun sudah diperlihatkan selama Asian Games ini.


Menang dua gol tanpa balas atas Maladewa lalu menang besar 3-0 atas Timor Leste di laga kedua, membuat gawang Thailand masih "perawan", sama halnya dengan Indonesia.


Meski Kiatisuk mengisyaratkan akan melakukan rotasi pemain pada laga sore nanti di Incheon Football Stadium, Thailand pasti akan tetap bermain ngotot demi meraih posisi puncak klasemen.


Saat ini, Indonesia berada di puncak klasemen grup dengan 6 poin, sama dengan Thailand, namun unggul selisih gol. Kalau sampai imbang, Thailand akan menduduki posisi runner-up Grup E dan menghadapi tim kuat, Korea Utara di 16 besar. Jadi, laga nanti pasti akan tetap berlangsung sengit. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya