5 Fakta Menarik Usai Timnas U-23 Bantai Maladewa

Ferdinand Sinaga
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAbola – Timnas Indonesia U-23 telah memastikan diri melaju ke babak 16 besar di ajang Asian Games 2014. Kepastian itu didapat skuad Garuda Muda dengan membantai Maladewa lewat skor 4-0 di laga kedua Grup E hari Kamis, 18 September 2014.

Tambahan 3 poin dari kemenangan ini, membuat tim asuhan Aji Santoso tersebut naik ke puncak klasemen Grup E dengan raihan 6 poin dari 2 laga. Indonesia akhirnya lolos ke 16 besar setelah terakhir pada 28 tahun lalu.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Indonesia juga menjadi tim ketiga yang lolos dari fase grup setelah Korea Selatan dan Palestina. Dalam laga terakhir di Grup E nanti, Indonesia  akan melawan Thailand, Senin 22 September 2014.

Berikut fakta-fakta menarik usai Timnas U-23 Bantai Maladewa:

1. Ini untuk kedua kalinya skuad Garuda Muda mengalahkan Maladewa. Sebelumnya, Timnas U-23 yang saat itu diasuh Rahmada Darmawan sukses mengalahkan Maladewa U-23 dengan skor 2-1 dalam turnamen mini MNC Cup.

2. Dua gol yang disumbangkan Ferdinand Sinaga dalam laga ini menambah pundi-pundi golnya di Asian Games 2014 menjadi 6 gol. Uniknya, 2 gol dan 1 assist dari pemain Persib kali ini bertepatan dengan tanggal kelahirannya, yaitu 18 September.

3. Indonesia sejauh ini telah membukukan 11 gol (7 gol ke gawang Timor Leste dan 4 gol ke Maladewa). Jumlah gol itu menyamai torehan timnas Indonesia di Asian Games 1954 di Filipina, atau hanya kalah dari rekor timnas di 1958 (13 gol).

4. Lolosnya skuad Garuda Muda dari fase grup di Asian Games edisi kali ini, adalah yang keempat kalinya setelah tahun 1954, 1958,dan 1986. Sayang, langkah Indonesia selalu terhenti di babak semifinal.

5. Indonesia sama sekali belum pernah kebobolan di fase grup ini. Apabila pasukan Timnas U-23 berhasil menjaga gawangnya dari kegolan pada laga terakhir kontra Thailand, maka untuk kali pertama Indonesia lolos dari fase grup dengan catatan clean sheet. (ren)

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016