Fans MU Berharap Catatan Van Gaal Seperti di Barca & Bayern

Pelatih Manchester United, Louis Van Gaal
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Yates
VIVAbola
Rekor Buruk Mourinho di MU
- Louis van Gaal akhirnya meraih kemenangan pertama di Premier League usai Manchester United menang 4-0 atas Queens Park Rangers, Minggu 14 September 2014. Inikah tanda MU akan meraih gelar juara?

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Posisi Van Gaal sempat goyah setelah MU gagal tampil maksimal di awal musim ini. Kalah saat menjamu Swansea City di laga pembuka dan tersingkir cepat dari Piala Liga usai dipermalukan MK Dons.
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus


Namun, kemenangan di matchday 4 atas QPR bisa membuat suporter MU berharap lebih dari sekedar tim kesayangannya tembus posisi 4 besar. Trofi juara Premier League bisa saja kembali merapat ke Old Trafford di akhir musim nanti.


Prediksi tersebut cukup beralasan. Kalau melihat grafik kepelatihan Van Gaal bersama Barcelona di La Liga 1998-99 serta Bayern Munich musim 2009-10, gelar juara bukan hal yang mustahil.


Saat membesut Barca untuk kali kedua, Van Gaal sempat terseok-seok, bahkan sempat menduduki peringkat 10 di pekan ke-14. Perlahan, Blaugrana bangkit lalu merebut posisi puncak klasemen di pekan 19 dan sukses menjadi juara sampai akhir musim.


Setelah itu, kejadian serupa terjadi saat pelatih asal Belanda ini dipercaya menukangi Bayern pada 2009 silam. Di awal musim, karier Van Gaal berjalan sangat buruk, hanya menang satu kali dalam empat laga (persis dengan di MU). Posisinya bahkan sempat terancam oleh Juergen Klinsmann.


Namun, setelah itu performa Bayern meningkat dan berhasil menembus semifinal DFB-Pokal dan merebut posisi puncak klasemen Bundesliga. Pada Mei 2010, gelar Bundesliga pun berhasil dipersembahkan oleh Van Gaal. Bahkan, LVG didapuk sebagai pelatih terbaik musim itu.


Saat ini, posisi MU pun masih berada di peringkat 9 klasemen sementara dengan total 5 poin dari 4 laga. Juara Inggris 20 kali itu masih berjarak 7 poin dari pemuncak klasemen, Chelsea.


Ditanya soal hal tersebut, meski tantangan masih tinggi, Van Gaal menegaskan memang berambisi untuk meraih gelar juara di ranah Inggris. Untuk melengkapi gelar juara yang pernah diraihnya di Belanda, Jerman, dan Spanyol.


"Saya ingin memenangkan gelar Premier League. Jika bukan tahun ini, maka tahun kedua atau ketiga. Saya ingin memberikan gelar juara pada fans," ujar Van Gaal, seperti dilansir situs resmi FIFA, usai kemenangan atas QPR.


MU akan menghadapi Leicester City pada lanjutan Premier League, Minggu 16 September 2014, sebelum menjajal West Ham United, 6 hari berselang. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya