10 Rekor La Liga yang Sulit Dipatahkan

James Rodriguez (kanan) merayakan gol
Sumber :
  • REUTERS

VIVAbola - Sebagai salah satu kompetisi terbaik di dunia, sudah banyak rekor fantastis yang dicatat di kancah La Liga. Beberapa di antaranya bahkan bakal sulit dipatahkan dalam waktu dekat. Dan berikut adalah daftarnya:

1. Rekor juara Real Madrid

Sejak pertama digulirkan pada 1928, Madrid telah mengoleksi 32 titel. Pesaing terdekat mereka hanyalah Barcelona yang baru mengumpulkan 22 gelar.

2. Rekor tak terkalahkan di kandang Real Madrid

Tevez Sukses Bantu Boca Juniors Rengkuh Trofi Liga Argentina

Rekor lain yang dipegang Los Blancos adalah catatan tak pernah kalah di kandang secara beruntun dalam 121 laga. Mereka melakukannya pada musim 1956 hingga 1965, kala itu skuad tim ibukota Spanyol itu diperkuat sang legenda Alfredo Di Steafano dan Ferenc Puskas.

3. Rekor tak terkalahkan Real Sociedad

Jika Madrid menjadi pemegang rekor tak terkalahkan di kandang, maka Sociedad memegang rekor tak terkalahkan secara beruntun dalam 38 pertandingan. Catatan itu dibuat sejak 29 April 1979 hingga 11 Mei 1980. Raihan mereka terhenti ditangan Sevilla.

4. Gol tanda paling minim Deportivo La Coruna

Bintang NBA Sambangi Latihan Barcelona

Catatan negatif ini dibuat Depor pada musim 1964/1965. Dalam satu musim mereka hanya mampu mencetak 2 gol ketika bermain di luar kandang. Gol itu pun bahkan diraih ketika mereka dibekuk Sevilla 1-2 dan Real Zaragoza 1-4.

5. Rekor gol beruntun Lionel Messi

Musim 2012 menjadi yang paling gemilang bagi Messi secara individu. Salah satu catatan luar biasa yang ditorehkannya adalah rekor gol beruntun dalam 21 laga, di mulai dari pekan 11 hingga 34. Total dalam periode itu La Pulga 33 kali membobol gawang lawan. Dia juga tercatat mampu mengoyak gawang seluruh tim musuh kala itu.

6. Rekor hattrick dalam satu musim Lionel Messi

Jebol Barca, CR7 Samai Koleksi Gol El Clasico Legenda Madrid

Masih di tahun yang sama, Messi juga tercatat sebagai pemain yang paling banyak mencetak hattick dalam satu musim yakni 8 kali. Pada 2011 dia hanya melakukannya sebanyak 7 kali.

7. Hattick tercepat David Villa

David Villa sedang buas-buasnya bersama Valencia di musim 2006. Dia mencetak rekor hattrick tercepat hanya dalam tempo 4 menit 44 detik. Kala itu El Che menang 3-1 atas Athletic Bilbao.

8. Rekor penampilan Andoni Zubizarreta

Direktur olahraga Barcelona ini adalah pemegang rekor penampilan terbanyak La Liga dengan 622 kali. Dia melakukannya bersama tiga tim berbeda, Bilbao, Barcelona, dan Valencia dalam tempo 13 tahun. Sebagai mantan kiper, Zubizarreta juga masih memegang rekor clean sheet dengan 233 kali.

9. Rekor kartu merah dalam satu pertandingan

Pada 14 Desember 2003 sejarah baru tercipta. Wasit harus mengeluarkan 6 kartu merah sekaligus di laga Barcelona kontra Espanyol. Para pemain yang diusir keluar lapangan oleh wasit Alfonso Pino kala itu adalah Ivan De la Pena, Philip Cocu, Raphael Marquez, Ricardo Quaresma, Toni Soldevilla, dan Lopo.

10. Rekor tanding pelatih Luis Aragones

Sebelum ditunjuk menjadi pelatih Timnas Spanyol pada 2003, mendiang Luis Aragones lebih dulu malang melintang menjadi entrenador di kancah La Liga. 30 tahun berkiprah dia telah melakoni 757 laga bersama sejumlah klub berbeda termasuk Atletico Madrid, Barcelona, Valencia dan Espanyol. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya