Persipura Kebut Penyembuhan Boaz dan Bio

Boaz Solossa
Sumber :
  • Satria Permana/VIVAbola

VIVAbola -Tim medis Persipura Jayapura berusaha mempercepat proses pemulihan cedera yang dialami oleh Boaz Solossa dan Bio Paulin. Pasalnya, tenaga kedua pemain ini dibutuhkan saat Tim Mutiara Hitam menghadapi tuan rumah Al Qadsia di leg 1 babak semifinal AFC Cup, Selasa, 16 September 2014.

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Pelatih fisik sekaligus fisioterapis Persipura, Oswaldo Lessa, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan metode khusus bagi penyembuhan kedua pemain itu. "Namanya proprioceptive," kata Lessa saat ditemui usai latihan di Lapangan Pertamina, Simprug, Jakarta Selatan, pagi tadi.

"Metode latihan ini (proprioceptive) merangsang sensor motorik, kekuatan badan, dan keseimbangan. Otot paha dan perutnya harus dikuatkan. Selain latihan ini, mereka juga harus krioterapi," sambung Lessa.

Seleksi Timnas Indonesia untuk Piala AFF Dimulai Hari Ini

Pantauan VIVAbola, Boaz dan Bio yang mengalami cedera paha masih berlatih terpisah dengan rekan-rekannya yang lain. Keduanya masih menjalani terapi bersama Lessa. Mereka berlatih dengan menggunakan alat bantu fitness ball.

Keduanya berdiri dan menjaga keseimbangan di atas bola raksasa itu. Mereka juga harus bisa mengontrol bola dan mengarahkannya kembali ke target.

Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura

Boaz mengalami cedera saat memperkuat Persipura melawan Mitra Kukar, 29 Agustus lalu. Beruntung, kondisinya tidak terlalu parah dan diperkirakan sudah bisa sembuh sepekan kemudian. Sedangkan Bio yang mengalami cedera pada leg 2 perempat final AFC Cup, membutuhkan waktu lebih lama, 2 pekan.

"Satu tahap lagi yang harus dijalankan untuk mengembalikan kebugaran mereka adalah latihan fitness. Tapi, mereka belum siap menjalaninya. Kapan mereka sembuh? Saya tak berani memprediksinya," sambung pria asal Brasil ini.

"Masa penyembuhan tergantung individu. Banyak faktor yang mempengaruhinya seperti usia, asupan makanan, daya tahan tubuh, dan lainnya. Jadi, kapan mereka sembuh, itu tergantung dari kondisi mereka sendiri," kata Lessa. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya