5 Jebolan Akademi Madrid yang Sukses di Tim Lain

Pemain Manchester United, Juan Mata
Sumber :

VIVAbola - Seakan tak mau kalah dengan Barcelona yang punya La Masia sebagai tempat pembibitan pemain muda berbakat, Real Madrid pun memiliki La Fabrica. Sejumlah nama-nama tenar telah lahir dari akademi klub ibukota tersebut di antaranya Raul Gonzalez dan Iker Casillas.

Tapi dari sekian banyak lulusan La Fabrica, tentu tak semuanya meraih sukses bersama Los Blancos. Ada beberapa dari mereka yang malah semakin berkembang di klub lain, dan berikut di antaranya:

1. Juan Mata

Ulah Bodoh Mata Bikin Van Gaal Murka

Bergabung dengan La Fabrica di usia 15 tahun tahun 2003. Dia lalu masuk ke skuad Real Madrid B di 2006. Tapi setahun berselang dia malah dilepas ke Valencia. Bersama klub yang bermarkas di Mestalla itu karirnya semakin menanjak. Mata dipinang Chelsea pada 2011 lalu hengkang ke Manchester United pada Januari kemarin.

2. Roberto Soldado

Dia bergabung ke La Fabrica mulai 2000. Dua tahun berselang, Soldado dipromosikan ke tim B. Lalu mulai 2005 dia kembali naik ke skuad utama. Namun di sana dia jarang mendapat kesempatan bermain dan sempat dipinjamkan ke Osasuna pada 2006. Tahun 2008 dia lalu dilepas ke Getafe. Di sana Soldado mulai mencuri perhatian.

Pada 2010 dia kembali hengkang ke Valencia dan menjadi mesin gol utama. Tampil 101 selama 3 musim, Soldado sukses menyumbang 59. Pada 2013 kemudian penyerang 29 tahun itu berlabuh di Inggris bersama Tottenham Hotspur.

3. Esteban Cambiasso

Ambisi MU Cetak Lima Kemenangan Beruntun

Gelandang asal Argentina menimba ilmu di La Fabrica sejak 1996 hingga 1998. Dia lalu kembali ke kampung halaman untuk membela Independiente dan River Plate. 2002 pemain berkepala plontos tersebut kembali ditarik Los Blancos. Tapi di sana dia hanya bertahan 2 musim untuk kemudian menyebrang ke Italia, membela Inter Milan.

Di sanalah puncak karir Cambiasso. Bersama Nerazzurri dia memenangkan 5 Scudetto dan gelar Liga Champions.

4. Javi Garcia

Dia bergabung dengan La Fabrica selama 8 tahun sebelum promosi ke Tim B pada 2004. Sempat menjajal masuk skuad utama, namun pada 2007 dia dilego ke Osasuna.

Satu musim berselang Madrid kembali meminangnya, tapi setahun kemudian dia dilepas ke Benfica. Bersama klub Portugal itu pria yang merupakan saudara kandung dari bekas bintang Barcelona dan Liverpool, Luis Garcia itu tampil mengesankan. Pada 2012, dia lalu dipinang Manchester City.

5. Santiago Canizares

Herrera Puji Penampilan Juan Mata

Dia lebih dikenal sebagai legenda Valencia. 10 tahun dia membela El Che dan mencatat 305 penampilan. Namun sebelum itu dia ternyata pernah mengeyam pendidikan serta ikut membela Real Madrid.

Canizares masuk La Fabrica pada 1985. Pada 1988 dia sempat promosi ke skuad utama. Sempat dipinjamkan ke Elche dan Merida, pada 1992 dia dilepas ke Celta Vigo. 2 musim berselang Madrid lalu kembali menariknya hingga 1998. (ita)

Bos Manchester United Jose Mourinho

Pertengkaran Mourinho-Mata Jadi Bumbu Kemenangan MU

Juan Mata terlihat sangat marah pada Mourinho saat ditarik keluar.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016