Schweinsteiger Perpanjang "Dinasti" Bayern Jadi Kapten Jerman

Gelandang Jerman, Bastian Schweinsteiger
Sumber :
  • REUTERS/Marcos Brindicci
VIVAbola
Korsel Hampir Permalukan Jerman di Penyisihan Olimpiade
- Keputusan Joachim Loew menunjuk Bastian Schweinsteiger sebagai kapten timnas Jerman memperpanjang dinasti pemain Bayern Munich menjadi kapten Die Mannschaft. Untuk kali keempat beruntun, kapten timnas Jerman selalu berasal dari Bayern.

Karier Schweinsteiger Belum Habis

Loew secara resmi menunjuk Schweinsteiger sebagai kapten baru timnas Jerman, Selasa 2 September 2014. Gelandang 30 tahun itu menggantikan peran Philipp Lahm, yang pensiun dari sepakbola internasional usai membawa Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014.
Karir Schweinsteiger di MU Dipastikan Berakhir


Terpilihnya Schweinsteiger memperpanjang trah pemain Bayern yang ditunjuk menjadi kapten Jerman. Tiga kapten Jerman sebelum Schweinsteiger, juga berasal atau terpilih saat masih memperkuat Die Roten. Mereka adalah Oliver Kahn, Michael Ballack, dan Lahm.


Bahkan, sejak 1987, ketika masih bernama timnas Jerman Barat, hanya ada satu kapten Der Panzer yang tidak berasal dari Bayern. Pemain itu adalah Oliver Bierhoff (1998-2000), yang menjadi kapten Jerman sebelum era Kahn. Saat itu, Bierhoff memperkuat AC Milan. Sebelum Bierhoff, jabatan kapten Jerman disandang Juergen Klinsmann dan Lothar Matthaus.


"Schweinsteiger seorang pemimpin, dan dia selalu bertanggung jawab untuk timnas, baik di dalam dan luar lapangan. Schweinsteiger selalu ada ketika tim ini membutuhkannya. Dia akan menjadi kapten kami yang hebat. Dia suksesor Lahm yang tepat," ujar Loew seperti dilansir
The Guardian
.


Sayangnya, Schweinsteiger tidak bisa melakoni debut sebagai kapten Jerman saat menghadapi Argentina pada laga persahabatan di Esprit Arena, Duesseldorf, Rabu 3 September 2014 waktu setempat (Kamis dini hari WIB), karena cedera lutut. Tugas pengoleksi 108 caps bersama Jerman itu kemungkinan besar akan diemban kiper Manuel Neuer. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya