Premier League Habiskan Rp16,2 Triliun, La Liga Rp8,2 Triliun

Angel Di Maria
Sumber :
  • REUTERS
VIVAbola
Rekor Buruk Mourinho di MU
- Premier League menciptakan rekor pembelian pemain pada bursa transfer musim panas ini. Total dana yang digelontorkan klub-klub Premier League mencapai £835 juta (setara Rp16,2 triliun). Jumlah itu hampir dua kali lipat dari yang dikeluarkan klub-klub La Liga.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Berdasarkan laporan
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus
Deloitte , jumlah £835 juta merupakan rekor dalam satu periode bursa transfer musim panas. Jumlah itu mengalahkan rekor transfer £630 juta (setera Rp12,2 triliun) yang juga diciptakan Premier League musim lalu.


Manchester United menjadi klub terboros di Premier League musim ini. The Red Devils menghabiskan uang hingga £150 juta (setara Rp2,9 triliun) untuk mendatangkan pemain seperti Angel Di Maria, Daley Blind, Marcos Rojo, dan Radamel Falcao.


"Tingginya transfer dikarenakan terus meningkatnya pendapatan klub-klub Premier League. Tingginya pendapatan dari hak siar, digunakan untuk investasi pemain. Musim lalu, rata-rata klub Premier League mendapatkan £25 juta lebih besar hanya dari hak siar," ujar perwakilan Deloitte, Dan Jones, seperti dilansir
The Guardian
.


La Liga menjadi liga terboros kedua musim ini. Klub-klub di kompetisi kasta tertinggi Spanyol itu mengeluarkan dana hingga £425 juta (setara Rp8,2 triliun). Seperti tahun-tahun sebelumnya, Real Madrid dan Barcelona masih menjadi dua klub La Liga terboros di bursa transfer.


Klub-klub Serie A juga cukup aktif di bursa transfer musim panas ini. Berada di peringkat ketiga, klub-klub Serie A menghabiskan uang hingga £260 juta (setara Rp5,04 triliun). Selanjutnya ada Bundesliga dengan £250 juta (setara Rp4,85 triliun), dan Ligue 1 dengan £100 juta (setara Rp1,94 triliun). (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya