Kejutan Bursa Transfer Pemain, Pembelian Tepat atau Panik?

Fernando Torres dengan kostum AC Milan
Sumber :

VIVAbola – Drama menit-menit terakhir jendela transfer ditutup menjadi perhatian pencinta sepakbola dunia. Sejumlah kejutan transfer juga terjadi, termasuk kepindahan Radamel Falcao ke Manchester United dari AS Monaco dengan status pinjaman.

Bursa transfer musim panas tahun ini melibatkan nama-nama besar. Dana ratusan juta pounds beredar selama bursa transfer musim panas ini. Bahkan, khusus hanya untuk klub-klub Premier League, mereka menghabiskan 800 juta pounds atau setara Rp 15,5 triliun selama bursa transfer musim panas ini.

Klub-klub besar Eropa semacam Real Madrid dan Barcelona, yang kerap membuat rekor pembelian fantastis, kembali melakukannya tahun ini. Los Blancos memboyong sejumlah pemain bintang seperti James Rodriguez dari AS Monaco, Toni Kroos dari Bayern Munich, dan Javier Chicharito Hernandez dari Manchester United.

Sementara Blaugrana juga tak mau kalah dalam hal menggaet pemain bintang. Luis Suarez dari Liverpool, Ivan Rakitic dari Sevilla, Thomas Vermalen dari Arsenal, dan Jeremy Mathieu dari Valencia sukses mereka datangkan.

Nama-nama beken lain yang ikut meramaikan bursa transfer musim panas ini adalah Mario Balotelli, David Luiz, Angel Di Maria, Xabi Alonso, Diego Costa, Cesc Fabregas, Fernando Torres, Nemanja Vidic, Patrice Evra, Pepe Reina, Alexis Sanchez, Radamel Falcao, dan Bacary Sagna. Namun, tak semua puas dengan transfer yang dilakukan klub mereka.

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo mengaku kecewa dengan dilepasnya Xabi Alonso ke Bayern Munich dan Angel Di Maria ke Manchester United. Kendati begitu, Ronaldo percaya skuad Los Blancos akan baik-baik saja musim ini.

"Di Maria dan Xabi adalah pemain yang sangat penting untuk kami tapi sekarang mereka telah pergi. Kami harus senang dengan pemain baru. Saya yakin kami akan baik-baik saja," ungkap Ronaldo, seperti dilansir AS.

Kejutan di Bursa Transfer dan Pembelian Panik

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Radamel Falcao

Jika merunut bursa transfer musim panas beberapa tahun terakhir, kejutan memang selalu terjadi. Lihat saja bagaimana Mesut Oezil meninggalkan Real Madrid dan bergabung dengan Arsenal pada menit terakhir bursa transfer musim panas tahun lalu. 

Tahun ini pun demikian. Nama Falcao yang paling mengejutkan, apalagi dia diketahui menolak Real Madrid dan lebih memilih Manchester United yang musim ini tak berkiprah di Liga Champions. Kepergian Danny Welbeck ke Arsenal yang notabenenya rival Setan Merah juga mengagetkan sebagian pihak.

Manchester United boleh jadi mengisi halaman depan suratkabar dunia, karena aktivitas luar biasa mereka selama bursa transfer musim panas ini. Selain Falcao, Daley Blind juga didapat United jelang berakhirnya bursa transfer dan sebelumnya, Angel Di Maria juga telah bergabung.

Manajer Setan Merah, Louis van Gaal, bisa dibilang sosok yang senang dengan aktivitas klubnya yang begitu giat di bursa transfer. Van Gaal percaya kehadiran Falcao akan banyak membantu timnya, khususnya untuk urusan mencetak gol.

"Saya senang Radamel bergabung dengan kami. Dia salah satu pencetak gol hebat. Rasio gol yang dicetaknya sudah cukup menggambarkan siapa dirinya," kata Van Gaal dilansir situs resmi klub.

"Ketika ada pemain dengan kaliber sekelasnya dalam kondisi siap di bursa transfer, maka itu sebuah kesempatan yang sayang untuk dilewatkan," lanjut pelatih asal Belanda tersebut.   

Jauh sebelum bursa transfer musim panas ini ditutup pada 1 September 2014, kepindahan beberapa nama besar juga terbilang mengejutkan. Hengkangnya David Luiz ke Paris Saint-Germain dari Chelsea dianggap yang sensasional. Selain itu, tak ada yang menyangka Mario Balotelli hengkang dari AC Milan untuk bergabung dengan Liverpool.

Apalagi Manajer Liverpool, Brendan Rodgers, sebelumnya sempat mengatakan tak akan menggaet striker internasional Italia itu. Namun, pada akhirnya malah Balotelli yang dipilih Rodgers untuk mengisi ruang kosong yang ditinggal Luis Suarez. Apakah ini panic buy (pembelian panik)?

Kepindahan Xabi Alonso ke Bayern Munich juga sebelumnya tak diprediksi banyak kalangan. Cesc Fabregas dan Diego Costa yang mendarat di Stamford Bridge pun cukup menyita perhatian mengingat mereka bergabung dari klub besar.    

Transfer Cerdas atau Kemahalan

AC Milan boleh tersenyum paling lebar dalam bursa transfer musim panas tahun ini. Nama-nama beken mereka datang dengan cuma-cuma alias gratis. Di bawah mistar, Diego Lopez dibajak Rossoneri dari Real Madrid. Milan juga tak merogoh kocek sepeser pun kala menggaet Alex dan Jeremy Menez dari PSG.

Giliran Chelsea yang menyumbang pemain untuk Milan. Fernando Torres dan Marco van Ginkel dipinjamkan The Blues untuk bergabung dengan tim besutan Filippo Inzaghi. Tentu aktivitas Milan boleh dipuji, dengan anggaran minim, tapi mampu menggaet pemain-pemain bagus.

Sementara itu, kebutuhan Manchester United akan pemain belakang tampaknya cukup terjawab dengan pembelian Marco Rojo dan Daley Blind. Walaupun tak sedikit yang mengkritik karena bek-bek yang dibeli United dinilai bukan pemain papan atas. Selain itu, dana sebesar 59,7 juta pounds dianggap terlalu mahal untuk membeli Angel Di Maria.

“Di Maria memang yang MU butuhkan. Ia dapat mengalahkan pemain lawan dan menciptakan sebuah peluang. Tapi saya rasa 59,7 juta pounds terlalu mahal," kata legenda United, Paul Scholes, seperti dilansir Soccerway.

Di lain pihak, Liverpool yang mendapatkan uang banyak dari hasil penjualan Luis Suarez ke Barcelona, menggunakan dana tersebut untuk menambah kedalaman skuad mereka. Uang penjualan Suarez mereka pecah demi merekrut Alberto Moreno, Dejan Lovren, Emre Can, Lazar Markovic, dan Mario Balotelli.

Manchester City yang biasanya jor-joran dalam belanja pemain, kali ini sedikit lebih santai. Akan tetapi, membeli Eliaquim Mangala dari Porto senilai 31 juta pounds terbilang kemahalan, meski The Citizens bisa menggaet Bacary Sagna dengan gratis.  

Bayern Munich dipuji karena aktivitas transfer mereka efektif tanpa harus menggelontorkan dana berlimpah demi mendatangkan pemain sekelas Robert Lewandoswki, Pepe Reina, dan Xabi Alonso. Sayangnya, tak demikian dengan Barcelona yang beberapa kebijakan transfer dinilai kurang cerdas, termasuk kala memboyong bek berusia 30 tahun, Jeremy Mathieu dari Valencia senilai 20 juta euro.

Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus

Baca juga:

Fans Jahil Tempel Alat Bantu Seks ke Telinga Reporter TV

Hormati Rooney dan RVP, Falcao Siap Jadi Bek Tengah MU

Bagaimana Reaksi Rooney atas Kedatangan Falcao?

Bomber Anyar MU Pernah Bermimpi Menjadi Jurnalis

Cantona: Gabung MU, Falcao Bisa Meninggal dengan Tenang

Terungkap, MU Ternyata Bukan Pilihan Utama Di Maria

Jual Welbeck, Kisah Menyedihkan Bagi Akademi MU

Si Pirang Cantik Ini WAGs Anyar MU

Monaco Akhirnya Akui Menyesal Lepas Falcao ke MU

Van Persie Geram Dikabarkan akan Operasi Lutut

Kejutan Bursa Transfer Pemain, Pembelian Tepat atau Panik?

Punya Gebetan Baru, Balotelli Tinggalkan Si Model Seksi

Chelsea Pinjamkan 26 Pemain ke 8 Negara Berbeda

Ramos: Ronaldo Terlalu Dini Menarik Kesimpulan

Premier League Habiskan Rp16,2 Triliun, La Liga Rp8,2 Triliun
   
Daftar Lengkap Transfer 3 Klub Raksasa Spanyol Musim Ini

Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016