BTN Ungkap Alasan Utama Kirim Timnas U-19 ke Eropa

Pemain Timnas U-19 di Tur Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Noveradika

VIVAbola - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 akan tampil di Piala Asia U-19 di Myanmar, Oktober mendatang. Di ujung masa persiapan, Badan Tim Nasional (BTN) memilih untuk memberangkatkan Evan Dimas dan kawan-kawan ke Eropa.

Direktur High Performance Unit (HPU), Demis Djamaoedin, mengatakan, pihaknya punya alasan kuat mengirim Timnas U-19 ke Eropa. Salah satunya adalah untuk menghindari strategi Garuda Jaya bocor ke pihak lawan. 

"Ini masa prakompetisi. Periode yang cukup genting karena lawan-lawan pasti bergerilya mencari informasi tentang kekuatan Indonesia. Kalau main di Asia, bisa-bisa persiapan bocor. Itu adalah salah satu alasan kami mengirim tim ke Eropa," kata Demis di kantor PSSI, Jakarta, Selasa 2 September 2014.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Menurut Demis, Timnas U-19 akan bertemu tim-tim dengan level yang lebih tinggi. Pihaknya juga sempat mengundang negara dari zona UEFA yang lolos ke Piala Dunia U-20, seperti Selandia Baru, untuk beruji coba melawan Garuda Jaya. "Tapi, pemain mereka sudah berlaga bersama klubnya di liga top Eropa."

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Joko Driyono, menyebutkan, bahwa Timnas U-19 akan dikirim ke Spanyol. Mereka akan bertolak dari Indonesia antara 8 atau 10 September 2014. Menurut Joko, selama di Negeri Matador, tim Garuda Jaya akan menjalani 4 sampai 5 kali uji coba. 

Namun, Sekretaris BTN, Sefdin Syaifuddin, mengatakan hal itu belum final. Menurutnya, masih ada kesepakatan yang belum rampung terkait rencana Timnas U-19 ke Benua Biru.

"Tunggu saja nanti kami rilis resmi. Kami masih bernegosiasi dengan beberapa pihak terkait teknis ke Eropa. Siapa saja lawannya belum bisa diumumkan secara resmi," ujar Sefdin. (one)

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016