Masuki Pekan Krusial ISL, Persija di Ujung Tanduk

Persija Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVAbola - Liga Super Indonesia (ISL) 2014 tengah memasuki masa krusial. Perebutan tiket menuju babak 8 besar dan penentuan tim-tim yang turun kasta musim depan, berlangsung semakin sengit.

Di grup 1, tiga tim teratas, yakni Arema Cronus, Semen Padang, dan Persib Bandung sudah dipastikan mengantongi tiket ke 8 besar. Meski masih menyisakan 2 laga lagi, Arema sudah tidak mungkin keluar dari posisi 4 besar setelah mengantongi 42 poin dari 18 pertandingan.

Begitu juga dengan Semen Padang. Tim asal Sumatera Barat itu sudah berada pada posisi aman dengan koleksi 37 poin dari 19 laga.

Secercah Harapan di Balik Raihan Satu Poin Persija

Persib Bandung juga bernasib sama. Penampilan gemilang Maung Bandung saat menekuk Persik Kediri 3-0 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, kemarin, membuat Firman Utina dan kawan-kawan melaju ke babak 8 besar.

Nasib tragis justru dialami oleh Persija Jakarta yang sampai saat ini masih berada di posisi 4 klasemen sementara Grup 1. Posisi Macan Kemayoran rentan tergusur pesaing terdekatnya Pelita Bandung Raya yang telah mengemas 29 poin dan masih menyisakan dua pertandingan.

Persija saat ini mengemas 31 poin dari 19 laga. Jalan terjal harus dilalui tim ibukota itu setelah dipaksa bermain imbang di tiga laga terakhir. Pada partai pamungkas, Persija akan menjamu Barito Putera di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 5 September 2014.

Dari dasar klasemen Grup 1, Persijap Jepara dipastikan degradasi setelah mengemas 7 poin dari 18 laga. Sedangkan Persita Tangerang yang berada di urutan ke-10, masih bisa menyelamatkan diri bila sukses menyapu bersih seluruh laga yang tersisa. Namun, tentu dengan syarat, dua tim di atas Pendekar Cisadane, yakni Gresik United dan Persik Kediri terpeleset di dua laga tersisa. 

Sementara itu, pesaingan ketat juga berlangsung di grup 2. Tiga tim teratas, yakni Persebaya Surabaya, Persipura Jayapura dan Mitra Kukar sudah dipastikan melaju ke babak 8 besar.

Mitra yang berada di urutan 3 dengan 33 poin dari 16 pertandingan hanya mungkin disamai poinnya oleh Persepam Madura United yang mengoleksi 21 poin dan menyisakan 4 laga. Namun, untuk itu, MU perlu kerja keras. Selain berharap Mitra Kukar kalah di dua laga sisa, MU juga harus menyapu bersih seluruh laga yang tersisa dengan kemenangan telak. Maklum, agregat gol kedua tim ini terpaut jauh: Mitra Kukar 29-11 dan MU 24-28.

Jika gagal menggusur Naga Mekes, Persepam juga masih berpeluang memperebutkan satu tiket 8 besar dari grup 2 bersama PSM Makassar (25 poin), Persela Lamongan (25), Persiram Raja Ampat (23), Persiba Balikpapan (22) dan Putra Samarinda (20).

Dari zona degradasi, satu tiket telah digenggam oleh Persiba Bantul yang kini berada di dasar klasemen dengan 6 poin dari 19 laga. Sedangkan Perseru Serui yang mengemas 16 poin dari 17 laga, masih berpeluang menyelamatkan diri.

Lihat klasemen sementara Liga Super Indonesia (ISL) 2014 di tautan ini.

Hasil Laga ISL 2014 Sabtu-Minggu:
Sabtu 23 Agustus:
PSM Makassar vs Persela Lamongan 3-1
Pelita Bandung Raya vs Persijap 3-0
Gresik United vs Persita Tangerang 3-1

Minggu 24 Agustus:
Persib Bandung vs Persik Kediri 3-0
Arema Cronus vs Sriwijaya FC 3-1
(one)

Pemain Persija Jakarta

Hanya Cetak 7 Gol dari 14 Laga, Apa Solusi Persija?

Krisis gol di TSC berbuah bencana bagi Persija.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016