Kontroversi Pembuka La Liga, Gol Menit Akhir Kiper Bilbao Dianulir

Kiper Athletic Bilbao, Gorka Iraizoz (abu-abu) saat mencetak gol
Sumber :
VIVAbola
Pantang Menyerah, Kunci Sevilla Buka Peluang Hattrick Juara
- Kontroversi tercipta di laga pembuka La Liga akhir pekan kemarin. Gol menit akhir laga milik kiper Athletic Bilbao, Gorka Iraizoz, buyar padahal bola sudah masuk gawang.

Valencia Ditekuk Bilbao, Neville Belum Menyerah

Pada laga di Estadio La Rosaleda, Bilbao sedang tertinggal 0-1 dari gol Luis Alberto saat laga memasuki dua menit akhir jelang enam menit tamabahan waktu.
Demi 2 Bek Ini, ManCity Siapkan Rp1,49 Triliun


Namun, mereka memiliki keunggulan pemain karena Malaga terkena dua kartu merah. Bilbao terus menekan untuk mengejar ketinggalan dan mendapatkan peluang emas di menit-menit akhir laga.


Iraizoz membantu rekan-rekannya saat Bilbao mendapat tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Malaga. Kiper jangkung itu merangsek sampai kotak penalti lawan.


Berkat tubuh jangkung dan loncatan tinggi, Iraizoz mampu melompat paling tinggi dan menanduk tendangan bebas Andoni Iraola. Bola sukses menghujam masuk gawang tanpa bisa dihentikan kiper Malaga, Carlos Kameni.




Namun, gol penyeimbang itu kemudian dianulir wasit setelah salah satu pemain Bilbao dinilai berdiri offside. Kalau melihat dari tayangan ulang, tidak jelas pemain Bilbao mana yang dianggap offside.


"Kalau tidak ada yang terlewat oleh kita, maka itu keputusan yang aneh," tulis penulis buku sepakbola, Sid Lowe. "Sepertinya dia menganggap Aduriz berdiri offside lebih dulu."


Jumpa pers pun berlangsung panas, Iraizoz tidak terima dengan keputusan wasit, Antonio Mateu Lahoz. Kiper jangkung itu pun terlihat mempertanyakan keputusan sang wasit.




"Mateu Lahoz mengatakan pada kami kalau gol Iraizoz (dianulir) karena pemain Athletic offside dengan menghalangi kiper (Malaga)," ujar pemain Bilbao, Mikel Rico, pada Carrusel Deportivo. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya