Mengintip Kekuatan "Musuh" Timnas U-23 di Asian Games 2014

Indonesia vs Thailand di Final Sea Games 2013
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAbola - Tim nasional (Timnas) Indonesia U-23 punya kesempatan lolos dari babak penyisihan grup Asian Games 2014. Maklum, pasukan Aji Santoso bertemu lawan cukup mudah di Grup E.

Garuda Jaya akan bersaing dengan Thailand, Timor Leste, dan Maladewa. Timnas U-23 sudah pernah bertemu dengan ketiga lawan ini, dan Thailand bisa dikatakan sebagai lawan terberat.

Meski demikian, Timor Leste dan Maladewa tetap punya potensi mengejutkan. Menurut asisten pelatih Timnas U-23, Mustaqim, kekuatan sepakbola di Asia saat ini sudah merata.

Berikut sedikit peta kekuatan lawan Timnas U-23 di Grup E babak penyisihan Asian Games 2014:

Thailand
Tim ini merupakan raksasa Asia Tenggara. Pasukan Kiatisuk Senamuang merupakan favorit untuk menjadi juara grup.

Ini bukan tanpa alasan. Secara kualitas, Thailand masih di atas para rivalnya. Dalam dua Asian Games sebelumnya, The War Elephant selalu masuk babak perempat final. Capaian terbaik Thailand adalah posisi 4 di Asian Games 2002 yang kebetulan juga berlangsung di Korea.

Sayangnya, masa persiapan mereka sedikit ternoda. Dari empat laga uji coba terakhir, hanya satu kemenangan yang bisa dipetik. Sementara itu, tiga pertandingan lainnya diakhiri dengan kekalahan.

Thailand masih menjadwalkan tiga laga uji coba sebelum bertempur di Asian Games 2014. Yaitu lawan Myanmar (31 Agustus), Phuket (3 September) dan Qatar (7 September 2014).

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Pada SEA Games 2013 lalu, Indonesia U-23 dua kali menyerah di tangan Thailand. Di babak penyisihan, Indonesia kalah 1-4 dan kembali menyerah 0-1 saat kedua tim bertemu di babak final.

Timor Leste

Perkembangan sepakbola Timor Leste terbilang pesat. Ketika dulu dianggap sebagai tim lemah, kini Timor Leste menjadi salah satu kuda hitam.

Salah satu bukti bahwa Timor Leste tak bisa dianggap remeh adalah hasil pertemuan di SEA Games 2013. Saat itu, Garuda Muda harus puas ditahan imbang tanpa gol di penyisihan grup. Sebelum SEA Games, Indonesia juga ditahan imbang 0-0 oleh Timor Leste dalam sebuah uji coba.

Sementara itu, Asian Games 2014 akan menjadi debut tim asuhan Norio Tsukitate. Dengan skuad naturalisasinya, The Rising Sun bisa saja tampil mengejutkan.

Maladewa

Maladewa bisa dibilang tim terlemah di grup ini. Indonesia pernah menjajal kemampuan tim Asia Selatan ini. Ketika itu, kedua tim bertarung di ajang MNC Cup 2013. Indonesia menang dalam pertandingan tersebut dengan skor tipis 2-1.

Meski demikian, Maladewa tak bisa dianggap remeh. Menurut gelandang Timnas Indonesia U-23, Rizki Pellu, kekuatan lawan tak sama lagi seperti dulu. "Kita tidak tahu kekuatan mereka sekarang," ujar Pellu.

Asian Games 2014 merupakan partisipasi yang keempat bagi Maladewa. Namun, Hassan Adhuham Cs tak pernah lolos dari babak penyisihan. (one)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016