Pesona Penyerang Barcelona di "Panggung" Debut Suarez

Pemain Barcelona, Messi dan Suarez
Sumber :
  • REUTERS/Gustau Nacarino

VIVAbola - Senin, 18 Agustus 2014, jadi salah satu momen terpenting dalam karir Luis Suarez. Penyerang asal Uruguay itu melakukan debutnya sebagai punggawa Barcelona.

Suarez memang tak bermain penuh. Dia baru masuk di menit 77 menggantikan Rafinha Alcantara. Dia pun tak memberikan kontribusi besar bagi tim dalam laga bertajuk Joan Gamper Trophy, melawan Leon.

Namun setidaknya, 13 menit kehadiran Suarez di lapangan sudah cukup untuk menghapus rasa penasaran publik Camp Nou.

"Ini adalah hari yang tak terlupakan. Terima kasih atas kasih sayang yang telah kalian berikan," ungkap Suarez.

Tentang performa, Direktur Olahraga Barca, Andoni Zubizaretta, mengatakan Suarez masih perlu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Dia percaya Suarez akan menunjukkan performa terbaik.

"Kami akan memberi dia waktu sehingga bisa menyatu dan beradaptasi dengan tim saat latihan," kata Zubizaretta.

Kualitas Suarez, kata dia, akan membantu Barca memenangkan pertandingan ke depan. "Dia akan mengenal gaya bermain kami. Rekan setimnya akan mengenal dia, dan itu yang akan terjadi saat dia kembali. Dia akan memberikan 100 persen," tegasnya.

Suarez dipastikan bergabung dengan Barcelona sejak bulan lalu. Namun, dia baru bisa berlatih dan diperkenalkan ke publik setelah CAS (Pengadilan Olahraga Internasional) meringankan hukuman 4 bulan tak boleh terlibat dalam aktifitas sepakbola yang diterimanya karena kasus gigitan kepada Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014.

Sementara itu, sesama rekrutan anyar Barcelona, Ivan Rakitic ikut menyambut bergabungnya Suarez dalam skuad. Dia percaya, di masa mendatang pemain 27 tahun tersebut bakal memberikan banyak hal penting buat tim.

"Bagi kami, hal yang sangat penting bisa bersama dia di ruang ganti, bekerja, dan mengenal dia," kata Rakitic.

"Kami semua tahu kualitas dia, tak perlu diragukan lagi. Dia akan memberikan momen-momen hebat untuk kami. Jadi, kami perlu menunggu agar bisa bermain bersama dia di lapangan," lanjut pemain asal Kroasia tersebut.

Pesona Deretan Penyerang

Suarez boleh saja menjadi topik pembicaraan di pertandingan versus Leon. Tapi, panggung sebenarnya dalam duel tersebut adalah milik deretan penyerang Barcelona.

Lionel Messi tampil apik dan menyumbang gol pembuka dalam laga yang dimenangkan Barcelona dengan skor telak 6-0 tersebut. Sedangkan Neymar yang telah pulih dari cedera punggung, dua kali mengoyak gawang lawan, masing-masing di menit 12 serta 44.

Seperti tak mau ketinggalan dari para seniornya, penyerang belia Munir El Haddadi juga mencetak dua gol. Pemain yang menggantikan Neymar di babak kedua tersebut mencatatkan namanya di papan skor pada menit 55 dan 78.

Ini bukan kali pertama Munir bersinar. Penyerang yang bergabung dengan tim junior Barcelona sejak 2011 itu juga mencetak dua gol ketika Barcelona menghancurkan HJK Helsinki 6-0 pada laga uji coba, 9 Agustus 2014.

Munir diprediksi bakal mendapat banyak kesempatan memperkuat tim utama Barcelona musim ini. Bahkan, pelatih Luis Enrique menantang pemain timnas Spanyol U-19 itu untuk mempertahankan konsistensinya.

"Kami tahu Munir punya kualitas yang bagus. Berapa jauh dia akan bermain bersama kami, itu tergantung dia. Saya senang melihat kualitas tim cadangan yang kami miliki," ujar Enrique.

Debut Membingungkan Suarez

Debut Suarez di Barcelona ternyata menyimpan cerita  unik. Rupanya banyak fans yang tak paham jika mantan bintang Ajax Amstedam itu mendapatkan keringanan hukuman.

Sebagian pengguna Twitter bahkan bingung saat melihat Suarez bisa tampil dalam laga tersebut. Dilansir Metro.co.uk, mereka menganggap Suarez baru bisa tampil pada 26 Oktober 2014 sesuai larangan tampil 4 bulan yang dijatuhkan FIFA.

"Jadi...Apakah saya melewatkan sesuatu tentang Suarez? Bagaimana dia bisa menjalani debut bersama Barca hari ini? tulis @RenMc11.

"Bagaimana Suarez bisa tampil di laga persahabatan? Bagaimana dengan larangan beraktivitas di sepakbola?" tulis GFarrimondWIG.

"Kenapa Suarez bisa tampil sekarang? Apakah larangan tampil baginya telah dicabut?" ujar @Stephen_larjr kebingungan.

"Saya masih bingung kenapa Suarez bisa tampil, padahal dia masih dihukum," tulis @baljinder_10 dan masih banyak lagi kicauan yang mempertanyakan kemunculan Suarez pada perebutan trofi Joan Gamper.

Sebelumnya, Suarez memang dijatuhi hukuman tak boleh beraktivitas di pentas sepakbola selama 4 bulan plus 9 laga internasional. Federasi Sepakbola Uruguay, Suarez, dan Barcelona, lalu mengajukan banding, namun FIFA menolaknya.

CAS juga tidak mengurangi durasi hukuman Suarez, tapi meringankannya dengan memberikan izin kepada Suarez untuk berlatih dan memperkuat Barca pada laga tak resmi. (one)

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Baca juga:

Gol Ala "Shaolin Soccer" Nyaris Terjadi ke Gawang Arsenal

11 Rekor Premier League yang Sulit Dipatahkan


Hajar Lawan Usai Laga, Pemain Ini Terancam Diskors 2 Tahun

Tukang Goda, 2 WAGs Ini Dilarang Pesta Bareng Pesepakbola

Bocah SMP Pengagum Messi Ini Dipanggil ke Timnas Senior Norwegia

James Cetak Gol Perdana, Madrid Ditahan Imbang Atletico

Kenapa CR7 Hanya Main Satu Babak Lawan Atletico?

Fakta-fakta Menarik Usai Madrid Ditahan Atletico

Ancelotti Semringah Lihat Gol Perdana James Rodriguez

Pukulan Jab Ramos ke Wajah Mandzukic Lolos dari Kartu Merah

Simeone Sebut Di Maria Pemain Terbaik Real Madrid

Liverpool Gilas Barcelona di Wembley

Dapatkan Bek Timnas Argentina, MU Lepas Nani

Sempat Mengejutkan, Persipura Akhirnya Takluk dari Kuwait SC

Juara Bertahan Piala AFC Akui Kesulitan Hadapi Persipura

Persipura Kecewa Berat Kebobolan 2 Gol di Akhir Laga

Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016