Wasit Persija Vs PBR Dinilai Tidak Berat Sebelah

Tim Persija Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
VIVAbola
Hanya Cetak 7 Gol dari 14 Laga, Apa Solusi Persija?
– Komite Wasit PSSI, Jimmy Napitupulu, menilai tidak ada yang perlu dipermasalahkan dari kepemimpinan wasit dalam laga Persija Jakarta kontra Pelita Bandung Raya (PBR) pada Kamis 14 Agustus 2014. Wasit Prasetyo Hadi dianggap Jimmy telah memimpin dengan benar pada pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno tersebut. 

Secercah Harapan di Balik Raihan Satu Poin Persija

Seperti diketahui, PBR sebelumnya mempertanyakan kepemimpinan wasit Prasetyo yang menghadiahi Persija penalti dan waktu tambahan sampai 6 menit. Pihak PBR merasa dirugikan, karena mereka gagal menang dalam laga tersebut setelah gol penalti Ponaryo Astaman menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Niat menyurati Komite Wasit untuk protes juga telah dilontarkan Manajer PBR, Rawindra Aditya. 
Didepak Persib, Belencoso Masuk Radar Persija?


"Wasit Prasetyo mengambil keputusan dengan tepat jadi tak perlu diistirahatkan. Soal tambahan waktu sampai 6 menit, itu sah-sah saja. Karena pertandingan Persija lawan PBR kemarin banyak terhenti. Makanya waktu tambahan jadi 6 menit, menurut saya malah harusnya 10 menit,” tegas Jimmy saat dihubungi VIVAbola, Selasa 19 Agustus 2014.


"Tidak ada peraturan sepakbola yang mengharuskan tambahan waktu hanya di bawah 5 menit. Tambahan waktu yang diberikan wasit dalam pertandingan itu disesuaikan dengan waktu yang terbuang selama pertandingan. Jadi, jangan sembarangan protes, lihat kenyataannya,” jelasnya.


Sementara itu, hukuman penalti yang diterima PBR karena
handball
Kim Jeffrey Kurniawan juga dianggap tepat. Menurut Jimmy, tangan Kim jelas mendatangi bola dalam situasi yang terlihat wasit, dan berdasarkan peraturan harus diganjar tendangan penalti.


"Dalam beberapa situasi, aktif atau tidak aktif kan jelas dalam peraturan dan wasit Prasetyo telah memutuskan dengan benar. Karena Kim yang jatuh saat itu tangannya menyentuh bola, tangan tidak dalam posisi natural dan hukumannya penalti, karena terjadi di kotak,” papar dia.


Sebelumnya, Kim kecewa dengan keputusan wasit. Dia merasa tangannya tidak aktif terjatuh dan tak bisa menghindari bola. Jimmy menyatakan, sampai saat ini Komite Wasit mengaku belum menerima surat protes dari PBR terkait pertandingan kontra Persija.      


“Kami belum terima laporan dari PBR, mungkin juga mereka batal protes. Karena sudah lihat tayangan ulang dan keputusan wasit benar, jadi daripada malu mending tidak protes,” ujarnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya