Perebutan Tiket 8 Besar Kian Panaskan Persija Kontra Persib

Persib Bandung vs Persija Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

VIVAbola – Pertandingan Persija Jakarta kontra Persib Bandung akhirnya bisa digelar setelah mendapat izin dari pihak kepolisian. Laga syarat gengsi ini bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, yang merupakan markas Persija.

Laga Persija lawan Persib memang kerap menyita perhatian publik. Bukan hanya karena rivalitas kedua tim, tapi juga karena adanya ketegangan antara dua kelompok suporter Persija dan Persib.

Izin keramaian dari pihak kepolisian pun menjadi barang mahal jika Persija berhadapan dengan Persib. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama kedua belah pihak agar pertandingan yang kerap disebut El Clasico Indonesia itu berjalan lancar dan normal.

Manajemen Macan Kemayoran secara eksplisit menegaskan mereka tak ingin ada oknum The Jakmania yang mengganggu skuad Persib. Manajer Persija, Asher Siregar, berharap semua mau memelihara kedamaian selama skuad Persib di Jakarta, Macan Kemayoran pun telah menyiapkan kendaraan taktis (rantis) demi keamanan bersama.

“Kami siap, malah sangat siap. Mudah-mudahan tidak ada oknum The Jakmania yang ingin mencolek-colek rombongan pemain Persib,” ungkap Asher kepada wartawan.

Misi kedua tim jelas meraih kemenangan dalam partai penting ini. Apalagi Persija dan Persib juga tengah bersaing untuk memperebutkan tiket ke babak delapan besar Indonesia Super League.

Kini, Persib menduduki peringkat ketiga Grup Barat dengan mengoleksi 28 poin dari 14 pertandingan, sedangkan Persija berada di posisi keempat, dengan juga mengumpulkan 28 poin namun setelah mereka melakoni 16 laga. Hasil pada laga ini sedikit banyak mempengaruhi peluang ke delapan besar, khususnya bagi tim besutan Benny Dolo.

Pelatih yang akrab disapa Bendol itu pun jelas menekankan agar anak-anak asuhnya berjuang untuk meraup tiga poin di kandang sendiri. Persiapan juga telah dilakukan oleh Ismed Sofyan Cs agar bisa mempecundangi Maung Bandung di SUGBK pada 10 Agustus 2014.

“Kami tekankan taktik dalam permainan untuk melawan Persib. Finishing sudah cukup lumayan. Rivalitas ini hanya terjadi saat pertandingan, dan saya selalu tanamkan kepada para pemain mental untuk menang,” ujar Bendol kepada wartawan.

Misi Bawa Pulang 3 Poin ke Bandung


Sebelumnya, sederet nama pemain Persib dilaporkan bakal absen saat kontra Persija. Namun, tampaknya para pemain andalan Maung Bandung itu tak ingin melewatkan pertandingan penting melawan Macan Kemayoran. 

Winger Persib, Muhammad Ridwan, yang sebelumnya cedera, dikabarkan kondisinya mulai membaik. Begitu juga dengan Ahmad Jufriyanto dan Hariono yang kamungkinan besar bakal diturunkan saat menghadapi Persija.

"Pulihnya Ridwan dari cedera tentu jadi kabar baik buat kami. Dia pun tampaknya sangat semangat untuk kembali menjalani pertandingan setelah absen di beberapa pertandingan ISL,” papar Djanur.

“Hariono kondisinya jauh lebih baik. Begitu juga dengan Jupe, Insya Allah dia cukup siap untuk dimainkan,” sambungnya.

Penyerang Persib, Tantan, juga memiliki misi khusus kala timnya menghadapi Macan Kemayoran. Dia ingin Persib bisa mempermalukan Persija di SUGBK sebagai kado ulang tahun untuk dirinya sendiri.

Pada Rabu 6 Agustus lalu, Tantan genap berusia 32 tahun dan kebahagiaannya kian lengka jika Persib bisa menang. Bukan hanya ingin mengalahkan Persija, mantan pemain Sriwijaya FC ini juga menargetkan Persib juara ISL musim ini.

“Banyak harapan yang ingin saya peroleh. Yang terdekat, saya harapkan Persib mampu mengalahkan Persija. Jika terwujud, itu akan jadi kado spesial buat saya. Di Persib saya ingin musim ini merasakan jadi juara,” ungkap Tantan.

Namun, Tantan mengakui, bukan perkara mudah menaklukkan tim seperti Persija di dapan The Jakmania. Oleh karena itu, dia ingin meningkatkan penampilannya, termasuk kebolehannya mencetak gol ke gawang lawan, meski koleksi golnya musim ini baru satu.

“Mudah-mudahan saja bisa meraih hasil maksimal. Musim ini, Persija secara tim lebih baik, banyak pemain bintang dan pelatih yang berpengalaman,” imbuh Tantan.

Pemain Persija Jakarta merayakan gol

Persija unggul head to head atas Persib

Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong

Sejak pertemuan pertama yang terjadi pada 21 Mei 1995, Persija secara head to head mampu mengungguli Persib. Pada pertemuan terakhir kedua tim yang berlangsung 8 Mei 2014, Macan Kemayoran menahan imbang Maung Bandung tanpa gol di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang.

Laga pada 10 Agustus 2014 di SUGBK merupakan pertemuan ke-33 kedua tim. Persija sendiri terbilang dominan dalam 32 pertemuan sebelumnya melawan Persib. 15 kemenangan dikantongi klub asal ibukota ini, sedangkan Persib baru enam kali menang, dan sisanya berakhir imbang. 

Yang menarik, dalam lima laga terakhir Persija menjamu Persib, klub yang identik dengan warna oranye ini malah punya catatan kurang mengesankan. Persija hanya menang sekali, tiga kali imbang, dan sekali kalah. Musim lalu, ketika bertindak sebagai tuan rumah, Persija harus puas bermain imbang 1-1 dengan Persib.

Oleh karena itu, Bendol pun meminta anak-anak asuhannya bermain lebih menyerang agar meningkatkan kans untuk mencetak gol. Dia juga ingin Fabiano Beltrame Cs punya kepercayaan diri dan mentalitas menang di sisa musim ini.

“Kelemahan di laga sebelumnya, kami lebih banyak bertahan. Kami mesti lebih berani menyerang, karena secara psikologi tak bagus jika ditekan terus. Saya hanya berharap ada rasa percaya diri dari pemain untuk terus menang,” jelas dia.

Berikut hasil 10 pertemuan terakhir Persija vs Persib:

08/05/14: Persib vs Persija 0-0
28/08/13: Persija vs Persib 1-1
03/03/13: Persib vs Persija 3-1
27/05/12: Persija vs Persib 2-2
29/01/12: Persib vs Persija 1-0
18/03/11: Persib vs Persija 2-3
30/10/10: Persija vs Persib 3-0
25/03/10: Persija vs Persib 2-2
09/01/10: Persib vs Persija 0-0
10/06/09: Persija vs Persib 1-2

Persija Jakarta Vs Persib Bandung

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

The Jakmania akan orenkan Manahan saat lawan Persib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016