Ini Profil Lawan-lawan Indonesia di Piala AFF

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki
VIVAbola - Indonesia tergabung di Grup A di Piala AFF 2014. Pasukan Merah Putih harus bersaing dengan Vietnam, Filipina, dan runner up playoff, untuk meraih satu dari dua tiket tampil di semifinal.
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Indonesia akan menghadapi Vietnam di pertandingan pertama. Laga itu akan digelar di My Dinh Stadium, Hanoi, 22 November 2014.
Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Pertemuan antara Indonesia dan Vietnam selalu berjalan ketat. Dari enam pertemuan terakhir, lima di antaranya berakhir dengan seri.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Tim Garuda hanya menang satu kali atas The Reds. Itu terjadi di pertandingan persahabatan yang digelar 11 Juni 2008 silam. Saat itu Indonesia menang dengan skor 1-0.

Sedangkan pertemuan terakhir Indonesia dan Vietnam di Piala AFF terjadi pada 2007 silam. Pertandingan saat itu digelar di National Stadium, Singapura, 15 Januari 2014.

Hasil imbang 1-1 menjadi akhir dari laga tersebut. Dan ambisi Indonesia melangkah ke semifinal pupus. Meski mengoleksi poin yang sama dengan Vietnam, 5, Indonesia kalah dalam selisih gol.

Filipina menjadi salah satu tim kuda hitam di Grup A. Sepakbola Filipina mengalami perkembangan yang sangat positif dalam 4 tahun belakangan.

Setelah sukses menembus babak semifinal Piala AFF 2010, The Azkals kembali mengambil posisi 4 besar, dua tahun kemudian.

Namun, rekor Indonesia atas Filipina cukup bagus. Dari empat pertemuan terakhir Indonesia belum pernah kalah dari Filipina. Pada Piala AFF 2010, Indonesia dua kali mengalahkan Filipina di semifinal dengan agregat skor 2-0.

Tentunya, Indonesia harus berjuang keras untuk bisa lolos ke semifinal. Kegagalan pasukan Alfred Riedl pada 2012 lalu harus dibalaskan pada Piala AFF 2014 ini.

Masyarakat juga pasti sangat mengharapkan Indonesia berhasil menjadi juara. Apalagi, hingga sekarang Indonesia belum pernah merasakan gelar juara Piala AFF. (one)

Baca berita menarik lainnya dengan mengklik tautan ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya