Revolusi Kecil Barcelona

Pelatih Barcelona, Luis Enrique
Sumber :
  • Marca
VIVAbola –
Lawan Sevilla, Barcelona Sudah Putuskan Kiper Utama
Kedatangan Luis Enrique sebagai pelatih anyar Barcelona ternyata membuat sejumlah pemain dipaksa meninggalkan Camp Nou. Enrique berhasrat untuk sedikit mengubah wajah klub asal Katalan tersebut.

Sebelumnya, Barcelona telah menjual Cesc Fabregas dan Alexis Sanchez demi mendapat dana segar untuk memboyong pemain baru. Kedua bergabung dengan klub Premier League. Fabregas dilego ke Chelsea, sedangkan Sanchez dibeli oleh Arsenal.

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Kemudian, para pemain jebolan La Masia yang dianggap sulit untuk berkembang lagi seperti, Bojan Krkic dan Jonathan dos Santos juga dilepas. Dari penjualan beberapa pemain tersebut, Blaugrana mengantongi 80 juta euro atau sekitar Rp1,24 triliun. 

Namun, selain menjual, Barcelona juga kehilangan sejumlah pemain secara gratis, karena tak menawari mereka kontrak baru. Victor Valdes, Jose Pinto, Oier Olazabal, dan Isaac Cuenca bisa didapat klub lain dengan cuma-cuma. Sementara Carles Puyol pensiun, dan Cristian Tello dipinjamkan ke Porto.

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Kepergian sejumlah pemain tersebut ternyata masih belum memuaskan Enrique. Mantan pelatih AS Roma ini juga berniat menjual tiga pemain lagi yakni, Dani Alves, Alex Song, dan Ibrahim Afellay. Ketiga pemain tersebut sudah tidak masuk daftar rencana permainan Barca di bawah asuhan Enrique.

Alves memang banyak diminati oleh klub besar Eropa lainnya seperti, Paris Saint-Germain, Manchester United, dan AC Milan. Namun, dari tiga klub tersebut belum ada yang mengajukan penawaran secara resmi.

Song, yang dibeli Barcelona dari Arsenal pada 2012 seharga €19 juta (setara Rp295 miliar), masih memiliki kontrak dua tahun. Namun, buruknya penampilan gelandang asal Kamerun itu dalam dua musim terakhir, membuat tidak ada klub yang menginginkannya.

Sementara itu, situasi Afellay lebih rumit. Winger asal Belanda itu jarang mendapat kesempatan bermain sejak dibeli dari PSV Eindhoven pada 2011 karena sering cedera. Kemungkinan besar Barcelona harus melepas Afellay secara gratis musim depan.

Barcelona masih berburu pemain baru

Sejauh ini, Barcelona telah mendatangkan enam pemain baru di antaranya, Alen Halilovic, Marc-Andre Ter Stegen, Claudio Bravo, Ivan Rakitic, Luis Suarez, dan Jeremy Mathieu. Mereka juga memanggil pulang Gerard Deulofeu yang musim lalu dipinjamkan ke Everton.

Meski begitu, transfer tersebut belum dianggap cukup oleh Enrique. Sejumlah pemain masih masuk dalam daftar beli Barcelona. Barisan belakang menjadi fokus utama perbaikan yang dilakukan Blaugrana jelang musim bergulir.

Setidaknya tiga bek tengah saat ini dikaitkan dengan Los Azulgrana. Daniel Agger dari Liverpool, Mats Hummels dari Borussia Dortmund, serta Marquinhos dari Paris Saint-Germain, salah satunya diyakini bisa hijrah ke Camp Nou.

Daniel Agger dan Luis Suarez

Agger (kiri) bisa susul Suarez ke Barcelona

Pensiunnya Puyol pada akhir musim lalu jelas meninggalkan lubang di lini belakang Barcelona. Javier Mascherano tak bisa terus-terusan dipasang sebagai bek tengah, sedangkan Marc Bartra dinilai belum matang.

Oleh karena itu, tambahan bek tengah baru bisa membuat Barcelona merasa aman di area pertahanan. Jika Gerard Pique absen, setidaknya Enrique memiliki banyak alternatif untuk diturunkan.

Enrique tampaknya sudah puas dengan pemain yang dimilikinya di lini tengah. Sergio Busquets, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta masih dipercaya mengisi tim utama di lini tengah. Kabar akan mendatangkan Juan Cuadrado dari Fiorentina juga hanya sebatas rumor.

Terbatasnya dana juga tak dapat membuat Blaugrana merogoh kocek dalam-dalam untuk menggaet seorang pemain berbanderol tinggi. Barcelona menunggu hasil penjualan Alves atau Song, sebelum mendatangkan setidaknya satu pemain baru lain di Camp Nou.

Lihat berita menarik lainnya klik di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya