Konflik Ukraina-Rusia Ancam Karier Pemain Metalist

Rusia Siap Invasi Ukraina
Sumber :
  • REUTERS/David Mdzinarishvili
VIVAbola - Perseteruan antara Ukraina dan Rusia memberikan dampak buruk bagi seluruh pihak. Pemain sepakbola pun harus menanggung akibatnya.
UEFA Coret Wakil Ukraina dari Liga Champions

Salah satunya adalah pemain Metalist Kharkiv, Edmar. Pemain berusia 34 tahun ini berpeluang untuk masuk dunia militer akibat konflik Ukraina-Rusia. Edmar terancam menjalani wajib militer di negaranya.
Pendukung Newcastle Diserang Fans Metalist

"Saya tak menyadari hal ini dan meski saya sedikit gugup, itu tak akan menyelesaikannya. Saya harus mengatakan bahwa istri saya ketakutan. Saya mengatakan kepadanya, untuk tidak khawatir dan semua akan baik-baik saja," ujar Edmar seperti dilansir Daily Mail.
Peserta UTBK Diimbau Waspada Penipuan Janji Kelulusan

"Sejujurnya, saya tak tahu apa yang akan saya lakukan jika saya benar-benar pergi ke militer. Bermain sepakbola adalah satu-satunya hal yang bisa saya lakukan. Saya belum mendengar bahwa salah satu rekan tim saya telah dipanggil, taetpi mungkin tidak ada yang mengatakannya dengan keras," ia menambahkan.

Yang menarik, Edmar sebenarnya bukan orang Ukraina tulen. Dia adalah pemain kelahiran Brasil, yang kemudian berganti kewarganegaraan pada 2008, setelah menikahi wanita asal Ukraina. 

"Saya tak mengantisipasi ini, ketika saya mendapatkan paspor Ukraina. Klub mengatakan bahwa mereka akan mencoba menyelesaikan masalah ini untuk saya," beber Edmar.

Ukraina sebenarnya sudah tak memberlakukan wajib militer sejak 2013. Namun, akibat konflik dengan Rusia, pemerintah Ukraina akhirnya kembali menghidupkan kembali aturan tersebut. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya