Lawan Persija, Persib Siap Mainkan M. Ridwan

Muhamad Ridwan
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola
Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak
- Setelah lama absen akibat cedera patah tulang atau fraktur di lengan kirinya, sayap kanan andalan Persib Bandung, M. Ridwan dipastikan bisa dimainkan pada laga panas melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 10 Agustus 2014.


Sebelumnya, Ridwan yang menjalani perawatan medis selama lebih dari satu bulan, harus absen di lima laga Persib, masing-masing saat menghadapi Persija di Stadion Si Jalak Harupat, 8 Mei 2014. Lalu laga derby kontra Pelita Bandung Raya, Arema Cronus, Gresik United dan Barito Putera.
Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong


Selama jeda kompetisi, Ridwan sendiri sudah beberap kali dimainkan oleh Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman di empat laga uji coba yang dijalani selama bulan Ramadan maupun game-game internal.


“Keseluruhan kondisinya cukup siap. Saya lihat tidak ada rasa traumatik dalam diri Ridwan setelah mengalami cedera patah tulang. Jadi baik psikologis maupun fisik, dia sudah sangat siap,” jelas Dokter Tim Persib, Raffi Ghani.


Sementara itu, Pelatih Djadjang Nurdjaman sendiri, mengaku senang dengan perkembangan positif yang ditunjukan Ridwan. Menurut sosok yang akrab disapa Djanur itu, mantan pemain PSIS Semarang tersebut, tak menunjukan penurunan drastis meski sebelumnya harus istirahat panjang.


“Secara keseluruhan tidak ada penurunan signifikan, justru saya lihat kondisinya tetap stabil. Kualitas permainan juga tetap terjaga dengan baik. Jadi saya cukup optimis Ridwan sangat siap menjalani pertandingan di kompetisi nanti,” ujar Djanur.


Selama Ridwan absen, Djanur kerap kesulitan menentukan pilihan di sektor kanan. Beberapa pemain sempat dicoba untuk menggantikan peran Ridwan, di antaranya Atep, Tantan, dan terkadang menggeser Ferdinand Sinaga bermain lebih melebar ke kanan.


Cukup dimaklumi jika akhirnya Djanur semringah dengan kembalinya Ridwan. Selama Ridwan, absen Persib memang tak pernah mengalami kekalahan. Dari lima pertandingan Persib minus Ridwan, Maung Bandung menorehkan dua kemenangan dan tiga kali hasil imbang.


Namun, absennya Ridwan terlihat dampaknya terhadap permainan Maung Bandung saat harus puas bermain imbang tanpa gol dengan Persija, imbang 2-2 lawan PBR dan gagal menang saat bertandang ke Malang usai bermain imbang 2-2 dengan Arema, meski unggul lebih dulu 2-0.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya