Calon Presiden FIGC Usulkan Jumlah Klub di Serie A Dikurangi

Jalannya pertandingan Verona vs Juventus
Sumber :
  • Sportmole
VIVAbola –
Setelah Higuain, Napoli Kehilangan Bintang Lagi?
Calon terkuat Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Demetrio Albertini, mengusulkan adanya perubahan di kompetisi Serie A untuk beberapa musim mendatang. Salah satunya adalah, pengurangan jumlah klub peserta pada kompetisi tertinggi di Italia tersebut.

Frank de Boer Resmi Jadi Pelatih Inter Milan

Calon pengganti Giancarlo Abete ini merasa bahwa klub peserta di Serie A sudah terlalu banyak, yakni 20 klub. Mantan pemain AC Milan ini melihat banyaknya jumlah klub adalah penyebab kurang kompetitifnya klub-klub Italia di kompetisi Eropa.
Juventus Diingatkan Agar Tidak Besar Kepala


“Ide perubahan saya berdasar pada menempatkan segalanya di tempat yang tepat. Jika tidak, tak ada gunanya. Hanya itulah cara agar liga kami bisa kembali kompetitif di Eropa. Itu berarti Serie A harus diikuti 18 tim saja,”  kata Albertini di
ESPN
.


“Saya tertarik pada keberlanjutan finansial. Pengurangan klub di liga adalah langkah pertama. Setiap klub Serie A harus memiliki tak lebih dari 25 pemain di mana 10 pemain berasal dari akademi sendiri,” sambungnya.


Awalnya, faktor kelelahan pemain dan penghamburan bujet menjadi dasar wacana ini. Presiden Lega Serie A, Maurizio Beretta, mengaku sudah mempelajari usulan tersebut dan mencoba mencari solusi yang terbaik.


Usulan itu sendiri, bukan tanpa penolakan. Sebelumnya, Presiden Parma, Tommaso Ghirardi, menilai pemangkasan jumlah klub berarti memperkecil peluang tim-tim papan tengah dan bawah mencicipi Serie A dan pemasukan mereka pun berkurang dari segi hak siar.


“Isu pengurangan klub sangat kompleks. Kita harus meninjau ulang sistem promosi dan degradasi lagi serta pembagian hak siar,” kata Tommaso Ghirardi dilansir oleh Football-Italia beberapa waktu lalu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya