5 Pelajaran dari Laga Perdana MU Bersama Van Gaal

Ryan Giggs (kiri), pernah menjadi asisten manajer MU di era Louis Van Gaal (kanan)
Sumber :
  • The Times

VIVAbola - Kedatangan Louis Van Gaal langsung memberikan perubahan signifikan di kubu Manchester United. Apa yang bisa dipetik usai pesta gol di laga perdana 'Si Tulip Besi' bersama MU?

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dalam laga ujicoba melawan Los Angeles Galaxy kemarin, 'Setan Merah' menang dengan skor telak 7-0. Van Gaal pun menerapkan gaya bermain yang agresif.

Ada sejumlah poin positif terlihat dari kedatangan pelatih asal Belanda tersebut. Berikut lima di antaranya, versi Daily Mail:

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

- Taktik Van Gaal Fleksibel

Pada awal laga melawan LA Galaxy, pelatih Belanda itu menerapkan formasi 3-4-1-2 dengan menempatkan Phil Jones, Jonny Evans, dan Chris Smalling sebagai bek tengah. Luke Shaw dan Antonio Valencia menjadi bek sayap.

Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus

Tapi menekan, MU dengan mudah merebut bola dari kaki pemain lawan. Juan Mata dan Ander Herrera tampak nyaman dengan taktik Van Gaal, keduanya tampil sangat baik.

Di paruh kedua, Van Gaal kembali membuat eksperimen. Empat pemain ditempatkan sebagai pemain bertahan, lalu peran false-nine diberikan pada Nani setelah Danny Welbeck dan Wayne Rooney keluar. Formasi ini pun kembali berhasil.

- Peran Besar Rooney

Dalam permainan melawan LA Galaxy kemarin, Wayne Rooney kerap bermain lebih ke dalam untuk menjemput bola. Penyerangan selalu mulai dari kakinya menuju Herrera atau Mata.

Namun, mampu tampil berbahaya saat pemain 28 tahun ini ikut menyerang. Mencetak dua gol di babak pertama, lewat titik penalti dan sontekan jarak dekat. Rooney pun dianggap bisa cocok dengan formasi Van Gaal.

- Welbeck Bisa Jadi Penyerang Tengah

Dengan Rooney yang bermain lebih dalam, Welbeck mampu menjawab kepercayaan Van Gaal dengan tampil menawan sebagai ujung tombak dan mencetak satu indah.

Penampilan enerjik juga ditunjukan pilar Timnas Inggris tersebut. Bek LA Galaxy kerap kesulitan menjaga Welbeck. Staminanya yang prima membuat Welbeck jadi aset berharga buat MU musim depan.

- Herrera Impresif

Ini mengapa MU rela menggelontorkan dana 36 juta Euro untuk mendapatkan pemain Athletic Bilbao tersebut. Penampilannya, bersama Mata di lapangan tengah, begitu padu dan jarang salah umpan.

Selain itu, Herrera juga menunjukan kemampuan tendangannya saat memaksa kiper lawan melakukan penyelamatan gemilang di awal laga. Umpannya akurat dan tidak egois.

- Bukti Sahih Kegagalan Moyes

Jika membandingkan karir David Moyes dan Van Gaal pada laga debut mereka, sudah pasti Moyes tidak akan diuntungkan. Tahun lalu, MU kalah 0-1 dari Singha All-Stars di Bangkok. Berbanding terbalik dengan hasil musim ini.

Dari 11 pemain pilihan Moyes kemarin, hanya Jonny Evans dan Danny Welbeck yang masuk ke tim utama di kemenangan atas LA Galaxy kemarin. Formasi Moyes terlalu hati-hati, sedangkan Van Gaal menunjukan keberanian.

Banyak yang melihat kegagalan Moyes pada laga perdananya bersama MU sebagai tanda buruk. Kalau melihat hasil bersama Van Gaal, suporter 'Setan Merah' musim ini pantas kalau bisa tersenyum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya