Gebrakan Pertama Van Gaal Bersama MU

Tottenham Hotspur Vs MU
Sumber :
  • REUTERS/Suzanne Plunkett
VIVAbola
Rekor Buruk Mourinho di MU
– Manchester United sukses berpesta gol ke gawang LA Galaxy dalam laga perdana uji coba mereka di Stadion Rose Bowl, Kamis 24 Juli 2014. Setan Merah mengunci kemenangan dengan skor 7-0.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Ini merupakan debut gemilang pelatih anyar MU Louis van Gaal yang coba menerapkan formasi baru, 3-5-2 pada pertandingan ini dengan mengusung duet Dany Welbeck dan Wayne Rooney di lini depan.
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus


Pelatih asal Belanda itu mengaku terkejut dengan hasil yang diraih anak asuhnya. Selain mencetak gol-gol indah, Setan Merah tampil apik dan menghibur. Alhasil ini menambah manis kemenangan besar yang mereka raih.

“Penampilan mereka luar biasa. Skor ini sungguh suatu kejutan, apalagi gol-gol yang tercipta begitu cantik. Hasil akhir seperti ini memberi kami kepercayaan diri," kata Van Gaal dilansir Tribal Football.

Eksperimen sang pelatih yang membuahkan hasil maksimal juga menuai pujian dari pemain Setan Merah. Salah satunya Ashley Young yang berharap hasil ini menjadi sinyal kebangkitan MU yang terpuruk di musim lalu.


"Terkadang, saat menjalani pramusim, Anda bisa sedikit mengendurkan gas. Tapi, di tim baru yang menggunakan formasi baru ini, segelanya berjalan sempurna," ujar Young, sebagaimana dilansir Dailymail.


"Kami ingin bangkit dan mengebut di pramusim, agar siap menghadapi pertandingan kandang pertama musim ini," ucap pemain berusia 29 tahun tersebut menambahkan.


Di laga ini, salah satu pemain yang menjadi sorotan dan dianggap tampil sangat baik adalah gelandang anyar MU Ander Herrera. Eks pemain Athletic Bilbao itu tampil 90 menit dan menjadi kreator dari dua gol MU.


Alhasil, banyak pujian yang datang dari rekan-rekan setim untuknya. "Herrera sangat bagus dan saya senang dengan performanya. Dia akan memberikan dampak yang bagus untuk MU musim depan," puji winger MU, Juan Mata.


Sama halnya dengan Mata, kiper MU, Anders Lindergaard, menilai pembelian Herrera sangatlah tepat. Proses adaptasi pria 24 tahun terhadap sistem permainan yang diusung Louis van Gaal, dikatakan Lindergaard, sangatlah baik.


"Para pemain harus beradaptasi dengan sistem baru, khususnya dia. Saya menilai dia adalah pemain yang bertalenta tinggi. Bagus saat memegang bola dan tanpa bola. Pintar saat menyerang serta bertahan. Herrera juga pribadi yang baik," jelas Lindergaard.


Menanti Tuah Van Gaal Berikutnya

Namun pujian selangit mungkin masih terlalu dini untuk dilayangkan kepada skuad Setan Merah. Karena mereka masih hanya melakoni laga ujicoba perdana. Apalagi mereka hanya melawan LA Galaxy.


Sehingga patut dinantikan bagaimana gebrakan selanjutnya. Dan ajang International Champions Cup 2014 akan menjadi pembuktian MU sebelum benar-benar berlaga di Premier League pertengahan Agustus mendatang.


MU menjadi satu dari delapan klub elit Eropa yang ambil bagian dalam turnamen persahabatan pramusim yang digelar di Amerika Serikat itu. Tujuh tim lainnya di antaranya, Real Madrid, ManCity, Liverpool, AC Milan dan Inter.


Dalam turnamen ini, delapan tim dibagi ke dalam dua grup berbeda. Grup A (Inter, MU, Real Madrid, Roma) dan Grup B (Milan, Liverpool, Manchester City, Olympiacos). Para juara grup akan diadu di laga grand final.


Hasil MU di turnamen ini setidaknya akan memberikan gambaran bagaimana kesiapan MU menyambut Premier League musim ini. Rooney akan melakoni laga perdana Premier League pada 16 Agustus melawan Swansea City.


Namun sejumlah pihak sangat yakin Van Gaal memang akan membawa angin perubahan untuk MU yang terpuruk musim lalu saat dibesut David Moyes. Seperti yang dinyatakan legenda MU, Dwight Yorke sejak jauh-jauh hari.


Yorke percaya MU di bawah asuhan Van Gaal akan meraih sukses dan tampil menghibur. Keberhasilan dan pengalaman Van Gaal membawa klub yang dipimpin meraih berbagai trofi juara menjadi acuan keyakinan Yorke.


"Orang ini selalu sukses di mana pun dia melatih. Dia bisa membuat pemain bermain dengan cara tertentu. Dia tahu walau harus sukses, tapi itu harus diperoleh dengan cara tertentu," kata Yorke dilansir Tribal Football.


"Permainan sepakbola yang menghibur, mencetak banyak gol dengan penuh kreativitas. Ini tidak hanya akan menghibur publik Manchester, tapi juga berguna untuk brand MU yang kini sudah mengglobal," lanjutnya.


Memang bukan tanpa alasan MU menunjuk Van Gaal sebagai pelatih. Beragam gelar diraih Van Gaal saat melatih Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Bayern Munich. Di antaranya, 4 gelar Eredivisie, 2 gelar La Liga, 1 Bundesliga, dan 1 Liga Champions.


Van Gaal juga baru saja mengantarkan Belanda menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2014 yang baru saja berakhir pekan lalu, sebelum resmi menukangi MU.


Lihat artikel menarik lainnya
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya