Mahalnya Proyek Real Madrid untuk Musim 2014/15

Gelandang Real Madrid, James Rodriguez
Sumber :
  • REUTERS
VIVAbola - Sejauh ini, Real Madrid menjadi tim yang paling boros dalam belanja pemain di bursa transfer musim panas 2014. Los Blancos sudah menghabiskan £82 juta atau senilai Rp1,6 triliun hanya untuk membeli 2 pemain.
Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Pertama, Madrid mendatangkan Toni Kroos dari Bayern Munich. Pemain langganan Timnas Jerman tersebut dibeli dari Die Roten dengan mahar sebesar £19 juta atau setara Rp394 miliar.
Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya

Yang teranyar, Madrid mendatangkan gelandang muda Kolombia, James Rodriguez. Madrid harus menggelontorkan dana yang sangat besar demi mendaratkan James ke Santiago Bernabeu.
Pogba Catat Rekor, Ini Daftar 10 Pemain Termahal Dunia

Manajemen Madrid harus merogoh kocek hingga £63 juta atau senilai Rp1,24 triliun demi James. Pria 23 tahun itu dikontrak selama 6 tahun oleh Madrid dan akan mendapatkan gaji sebesar £5,5 juta (senilai dengan Rp109 miliar) per musimnya.

Dengan fakta ini, James masuk dalam daftar pemain termahal dunia. James, seperti dilansir Telegraph, menempati urutan keempat pemain dengan nilai transfer paling mahal di sepanjang sejarah sepakbola.

Nilai transfer James masih kalah dari Luis Suarez. El Pistolero menjadi pemain termahal dunia ketiga saat ini. Barcelona menebus Suarez dari Liverpool dengan mahar sebesar £75 juta.

Dua rekan setim James, Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo, masih menempati pertingkat pertama dan kedua pemain termahal dunia. Madrid membeli Bale dari Tottenham Hotspurs dengan harga £86 juta. Sedangkan, harga transfer Ronaldo sebesar £80 juta.

AS Monaco mengaku sebenarnya enggan menjual James ke Madrid. Namun, Monaco tidak bisa menolak tawaran besar dari Madrid untuk top scorer Piala Dunia 2014 itu.

Menurut CEO Monaco, Vadim Vasilyev, penjualan James ke Madrid akan membawa keuntungan finansial yang sangat besar. Manajemen The Red and White mendatangkan top scorer Piala Dunia 2014 itu dari FC Porto pada awal musim lalu dengan uang sebesar  £35 juta. Jadi, kubu Monaco mendapatkan untung £28 juta dari penjualan James ke Madrid.

"Transfer James ke Madrid mempertimbangkan alasan keuntungan finansial. Kami melihat penjualan James ke Madrid menjadi yang paling menguntungkan," kata Vasilyev di situs resmi klub.

Efektif atau Mubazir?
Pertanyaan yang muncul ketika Madrid menggelontorkan dana besar untuk membeli James adalah apakah ini akan menjadi pembelian efektif atau justru gagal?

Masih terbayang jelas bagaimana ngototnya Madrid saat memboyong Isco dari Malaga. Ketika itu manajemen Madrid menebus Isco dari Malaga dengan mahar sebesar £23 juta, lebih mahal dari Kroos.

Namun, apa yang terjadi? Isco justru gagal bersinar bersama Madrid. Dia kesulitan untuk beradaptasi dengan formasi 4-3-3 yang diterapkan oleh Carlo Ancelotti.

Bahkan, belakangan ini beredar rumor bahwa Isco akan dilego ke klub lain. AC Milan, Liverpool, dan Manchester City, kabarnya tertarik untuk mendatangkan Isco.

Kekhawatiran akan menurunnya performa James juga didasarkan atas pengalaman para seniornya. Ya, James adalah pemain Kolombia ketiga yang pernah merumput bersama tim utama Madrid. 

Sebelumnya, Freddy Rincon dan Edwin Congo sudah bermain untuk Madrid. Namun, keduanya gagal menampilkan performa terbaik.

James bertekad untuk tidak mengecewakan Madrid di musim perdananya. Dia ingin membuktikan manajemen Les Merengues tidak salah merekrutnya dari Monaco.

Madrid, diakui James, adalah klub impiannya sejak kecil. Pemain jebolan Envigado ini juga memiliki tiga idola di Madrid. Mereka adalah Zinedine Zidane, Ronaldo, dan Roberto Carlos.

"Saya senang berada di sini. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya mengidolakan Zidane, Ronaldo, dan Carlos. Perkembangan Madrid selalu saya ikuti dan selalu bermimpi bermain di sini,' kata James.

"Saya harap bisa memberikan banyak kesenangan. Saya berharap bisa memenangkan banyak gelar di sini dan mencetak sejarah. Hala Madrid!" tegasnya.

Masih Berburu Pemain
Meski sudah menghabiskan dana hingga Rp1,6 triliun, Madrid nyatanya masih belum berhenti berburu pemain. Mereka masih membidik beberapa nama untuk bisa direkrut di bursa transfer musim panas ini.

Nama Radamel Falcao kemudian menjadi target selanjutnya. Madrid membutuhkan satu penyerang tambahan usai Alvaro Morata hengkang ke Juventus.

Falcao sebenarnya baru saja direkrut oleh Monaco di awal musim lalu. Dan jika Madrid menginginkan El Tigre, mereka harus mengeluarkan uang sejumlah £53 juta atau sama yang dikeluarkan Monaco untuk menebusnya dari Atletico Madrid.

"Falcao adalah pencetak gol yang bagus. Dia akan mampu beradaptasi di Madrid. Tapi, semua terserah klub," ujar James kepada BT Sport.

Sayangnya, Falcao mengaku enggan berganti seragam di musim depan. Pria 28 tahun masih betah bermain untuk Monaco. "Saya percaya dengan proyek yang dibangun Monaco. Saya ingin bertahan di sini dan bermain di Liga Champions bersama Monaco," jelas Falcao.

Striker Manchester City, Alvaro Negredo, kemudian menjadi alternatif bagi Madrid. Tapi, Negredo mengalami cedera yang sangat parah dan harus beristirahat selama tiga bulan.

Madrid juga masih berusaha untuk merampungkan transfer dari kiper timnas Kosta Rika, Keylor Navas. Sejauh ini, proses negosiasi masih berjalan alot.

Setelah sukses meraih La Decima di Liga Champions, target Madrid di musim depan sudah jelas memenangkan gelar La Liga. Mereka gagal bersaing dengan rival sekota, Atletico, dalam perburuan trofi La Liga di musim lalu.

Jika memungkinkan, Madrid juga ingin mempertahankan trofi Liga Champions di musim depan. Hingga kini, belum ada satu tim pun yang mampu menjadi juara Liga Champions dalam dua musim berturut-turut. 

Ada pun AC Milan menjadi juara kompetisi tertinggi Eropa di musim 1988/89 dan 1989/90, ketika formatnya masih Piala Eropa.

Dan apakah dengan cara instan ini Madrid akan mejuarai La Liga dan mempertahankan trofi Liga Champions di musim depan? Menarik untuk ditunggu.

Baca berita menarik lainnya dengan mangklik tautan ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya