Bukan "James" tapi "Hamez", Ini Alasannya

Gelandang Real Madrid, James Rodriguez
Sumber :
  • REUTERS
VIVAbola
Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo
- Gelandang serang anyar Real Madrid, James Rodriguez, sempat membuat komentator sepakbola asal Inggris, Clive Tyldesley, korban bullying di media sosial. Hal itu dikarenakan Tyldesley mengucapkan nama pemain 23 tahun itu dengan lafal "James" bukan "Hamez".

Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya

Hal itu terjadi ketika Tyldesley menjadi komentator ITV di ajang Piala Dunia 2014. Ketika menjadi komentator pertandingan timnas Kolombia melawan Uruguay, 28 Juni 2014. Di sepanjang laga, Tyldesley terus mengucapkan nama mantan pemain AS Monaco itu dengan lafal "James".
Pogba Catat Rekor, Ini Daftar 10 Pemain Termahal Dunia


Usai pertandingan, Tyldesley menjadi korban bullying di media sosial. Pasalnya, komentator ITV sejak Piala Dunia 1998 itu tidak menggunakan lafal Spanyol. Jika menggunakan lafal Spanyol, maka nama James akan diucapkan menjadi "Hamez".


"Saya bukan ahli bahasa. Percaya atau tidak, saya berusaha menggunakan lafal yang benar. Memang benar, dalam bahasa Spanyol, nama James Rodriguez menjadi 'Ha-mez Rod-reeg-ez'. Bagi saya, ini sebuah dilema, karena saya asli Inggris," ujar Tyldesley seperti dilansir
Daily Mail
.


"Jika semua nama pemain di Piala Dunia harus disebut dengan lafal yang benar, maka nama seperti Robin van Persie, Cristiano Ronaldo, dan David Luiz, akan terdengar berbeda. Itu bisa menjadi tragedi dan bencana bagi komentator sepakbola," sambungnya.


James merupakan pembelian kedua Madrid musim ini. El Real harus merogoh kocek hingga €80 juta (setara Rp1,24 triliun demi memboyong gelandang 23 tahun itu ke Santiago Bernabeu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya