Gerrard Pensiun dari Timnas Inggris, Akankah Dirindukan?

Gelandang Timnas Inggris, Steven Gerrard di Piala Dunia 2014.
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj
VIVAbola - Gelandang sekaligus kapten Timnas Inggris, Steven Gerrard resmi mengundurkan diri dari sepakbola internasional per 21 Juli 2014. Sejumlah pihak menyebutnya sebagai kehilangan besar, sebagian lain menganggap tak ada hal istimewa yang telah diberikannya untuk The Three Lions.
Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali

Perjalanan Gerrard bersama The Three Lions dimulai pada 2000, saat dia bermain pada laga persahabatan melawan Ukraina, 31 Mei 2000. Pada tahun yang sama, Gerrard, yang ketika itu berusia 20 tahun, dipanggil pelatih Kevin Keegan memperkuat Inggris di Piala 2000, dan tampil satu kali.
Tak Ditempatkan Sesuai Posisi di Liverpool, Apa Kata Origi

Adapun gol perdananya untuk The Three Lions tercipta pada laga kualifikasi Piala Dunia 2002 melawan Jerman, September 2001. Butuh dua tahun baginya untuk menciptakan gol kedua, yaitu pada laga kualifikasi Piala Eropa 2004 melawan Makedonia, Juni 2003. Sedangkan di turnamen, dia mencetak satu gol.
Klub Medioker Serie A Serius Dekati Balotelli

Pada Piala Dunia 2006, Gerrard menjadi salah satu tumpuan di lini tengah Inggris, dan mampu mencetak dua gol. Namun, Inggris akhirnya tersingkir dari Portugal di perempatfinal. Dua tahun berselang, Gerrard menjadi wakil kapten Inggris, namun gagal membawa Inggris ke putaran final Piala Eropa 2008.

Pada Piala Dunia 2010, Gerrard dipercaya menjadi kapten Inggris, menyusul cederanya Rio Ferdinand. Namun, perjalanan The Three Lions bertahan hingga babak 16 besar. Dan pada Piala Eropa 2012, Gerrard kembali menjadi kapten, namun Inggris mesti terhenti di babak perempatfinal.

Masih tampil konsisten bersama Liverpool, Gerrard kembali dipercaya menjadi kapten Inggris pada Piala Dunia 2014. Sayang, The Three Lions gagal total dan tak mampu lolos dari fase grup, usai ditundukkan Italia dan Uruguay, serta ditahan imbang Kosta Rika. Turnamen itu pun menjadi yang terakhir bagi Gerrard bersama Inggris.

14 tahun berseragam Timnas Inggris, Gerrard mencetak 21 gol dari 114 pertandingan yang dilakoninya. Pemain yang kini berusia 34 tahun itu pun menjadi pemain ketiga dengan koleksi caps terbanyak, di bawah Peter Shilton (125) dan David Beckham (115).

Gerrard menuturkan, bahwa keputusan pensiun dari Timnas Inggris bukanlah sesuatu yang mudah untuk diambil. Namun, setelah dipikir dan didiskusikan secara matang, pemain yang tak pernah membela klub manapun selain Liverpool tersebut mantap untuk meninggalkan The Three Lions. 

"Ini merupakan keputusan yang sangat sulit, salah satu yang tersulit dalam karier saya. Saya sudah memikirkan hal ini sejak kembali dari Brasil dan berbicara keluarga, teman, dan orang-orang terdekat sebelum sampai pada keputusan ini," kata Gerrard seperti dikutip situs resmi FA.

"Yang paling penting, manajer Liverpool, Brendan Rodgers begitu fantastis. Saya telah menjaga tubuh saya sebaik mungkin agar saya bisa melakukan segalanya di lapangan," tegas pemain kelahiran Whiston, Merseyside tersebut.

Efek bagi Timnas Inggris dan Liverpool
Mundurnya Gerrard dinilai sejumlah pihak bakal mengurangi kekuatan Timnas Inggris dalam menghadapi turnamen-turnamen berikutnya, termasuk Piala Eropa 2016. Peran dan kepemimpinan pemain dengan Steven George Gerrard itu dirasa masih vital.

Pelatih The Three Lions, Roy Hodgson mengatakan bahwa sebenarnya Gerrard masih diperlukan. Pasalnya, Inggris tengah membangun kekuatan yang  dihuni oleh pemain-pemain belia, sehingga pengalaman yang dimiliki Gerrard akan berguna untuk tim.

"Kami akan merindukan kualitas kepemimpinannya karena kami saat ini memiliki tim dengan usia muda. Dia adalah pria yang luar biasa dan pesepakbola fantastis. Kami semua beruntung bisa melihatnya dengan kostum tim Inggris," ujar pelatih Inggris, Roy Hodgson, sebagaimana dilansir BBC.

Sementara itu, mantan kapten Inggris dan Manchester United, Bryan Robson, menilai keputusan Gerrard merupakan hal yang tak diinginkan oleh publik Inggris. Namun, dia tetap mengapresiasi segala hal yang telah diberikan Gerrard selama berkostum Inggris.

"Ini keputusan yang sedih tapi dia sudah berikan segalanya. Dia sudah menjadi pemain fantastis untuk Inggris dalam beberapa tahun terakhir," ujar Robson, legenda Manchester United, yang tercatat 90 kali tampil bersama Timnas Inggris.  

Adapun dua eks pemain Inggris, Gary Lineker dan Jamie Carragher, menulis di Twitter kalau Gerrard adalah pemain yang luar biasa berkostum Inggris. Selain itu, Michael Owen juga menyatakan demikian. "Sebuah keputusan besar dan sangat sulit untuk diambil. Inggris akan merindukan dia," tulis Owen.

Sementara itu, bagi Liverpool, keputusan Gerrard untuk pensiun dari Timnas Inggris dinilai menguntungkan. Pasalnya, Liverpool bakal kembali bermain di Liga Champions, dan tenaga Gerrard untuk tim pun akan selalu dibutuhkan setiap saat. 

"Untuk Liverpool, ini adalah keputusan besar. Saya yakin fans Liverpool akan senang. Kalian mendapatkan Steven Gerrard yang lebih bugar. Dia memiliki musim yang hebat musim lalu dengan tuntutan di Inggris," kata eks bek Liverpool, Jamie Carragher pada Sky Sport News.

"Ada lebih banyak tuntutan untuk Liverpool musim ini, lebih banyak karena apa yang terjadi musim lalu. Gerrard masih menjadi bagian penting untuk Liverpool, untuk dua atau tiga tahun ke depan. Jadi untuk manajer Liverpool, Brendan Rodgers, keputusan besar telah dibuat Stevie," sambungnya.

Jadi bahan olok-olok di media sosial
Meskipun jumlah caps telah menunjukkan seberapa penting Gerrard bagi Timnas Inggris, tak sedikit juga yang menilai keputusan pensiun tak akan berpengaruh banyak. Mereka menilai, tak ada kontribusi nyata yang diberikan Gerrard bagi The Three Lions.

Pasalnya, dalam 14 tahun karier internasional, Gerrard kerap gagal membawa The Three Lions berprestasi. Bahkan, di Piala Dunia 2014, suami dari Alex Curran itu melakukan kesalahan dengan "memberi umpan" pada Luis Suarez, yang berujung kekalahan 1-2 Inggris dari Uruguay.

Sejumlah suporter The Three Lions yang kurang mengapresiasi Gerrard pun menjadikan keputusan pensiun sebagai bahan guyonan. Mereka seakan sedang merayakan keputusan tersebut, dan menganggap Gerrard sebagai pembawa sial di Timnas.

Pemilik akun PaddyPower bahkan mengunggah foto pengunjung yang tengah bergembira. Di bawahnya, pemilik akun menuliskan, "Reaksi fans Inggris terhadap keputusan pensiun Steven Gerrard," tulisnya. 

Akun yang sama juga mengunggah foto bertuliskan "Video tidak tersedia". Di bawahnya pemilik akun menulis, "Mari lihat kembali cuplikan Gerrard sebagai kapten Inggris," sindir @PaddyPower. 

"Siapa Steven Gerrard?" tulis pemilik akun @ryan_murton menyindir Gerrard. "Tidak...Bagaimana Inggris bisa bertahan tanpa Gerrard," sindir pemilik akun lainnya, @CiaranDeFaoite. "Pengumuman pensiun Gerrard akan berpengaruh bila dilakukan sebelum Piala Dunia," tulis @davidschneider.

Sementara itu, terkait pengganti Gerrard, yang akan mengemban tugas sebagai kapten Timnas Inggris, penyerang Manchester United, Wayne Rooney menjadi salah satu kandidat. Ada juga tiga nama lain, Joe Hart, Glen Johnson, dan Gary Cahill.

Selanjutnya, apakah mundurnya Gerrard akan sangat terasa di tubuh The Three Lions? Atau justru mereka bakal tampil lebih menjanjikan pascaditinggal Gerrard? Yang jelas, namanya bakal tetap terpatri sebagai bagian dari sejarah Timnas Inggris. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya