Profil Lengkap 5 Pelatih Anyar Premier League

Pelatih Manchester United, Louis Van Gaal, saat dikenalkan
Sumber :
  • REUTERS/Nigel Roddis
VIVAbola
Rekor Buruk Mourinho di MU
- Lima wajah baru akan mewarnai bangku pelatih Premier League musim 2014-15. Dua klub promosi, plus tiga klub akan menghadirkan wajah-wajah anyar.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Leicester City, Burnley, dan Queens Park Rangers menjadi klub promosi dari Championship Division. Namun, hanya Harry Redknapp yang punya pengalaman di Premier League.
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus


Lalu, sejumlah pelatih kaliber dunia pun ikut merapat ke Inggris. Louis Van Gaal dan Ronald Koemen di antaranya. Berikut profil kelima pelatih anyar di Premier League:

- Nigel Pearson (Leicester City)

Sejak dipercaya untuk kedua kalinya saat menggantikan Sven-Goran Eriksson pada 15 November 2011, Nigel Pearson sukses mendongkrak permainan Leicester dan meloloskan The Foxes kembali ke Premier League dalam 10 tahun dengan status juara Championship Division.


Pelatih 50 tahun itu pernah menangani klub macam Newcastle United, Southampton, sampai Hull City. Pearson pun pernah ditunjuk jadi asisten pelatih Timnas Inggris U-21. Total, 147 laga bersama Leicester sudah dia dijalani dengan catatan 127 kemenangan, 60 kali kalah, dan 60 imbang.


- Sean Dyche (Burnley)

Burnley adalah klub kedua besutan Dyche, setelah Watford. Namun, pelatih 43 tahun itu sukses merebut satu tiket ke Premier League walau minim pengalaman.


Sejak mengambil alih kursi pelatih Burnley pada 30 Oktober 2012, Dyche sudah menjalani 85 pertandingan, dengan 40 kemenangan, 26 imbang, dan 19 kali kalah, dengan persentase kemenangan 47.06 persen.


- Alan Irvine (West Bromwich Albion)

Pria 56 tahun ini sosok yang sebenarnya akrab dengan Premier League. Irvine lama menjadi asisten David Moyes di Everton. Kini, ia ditunjuk jadi pelatih West Brom menggantikan Pepe Mel.


Irvine resmi menjadi pelatih kepala di Premier League pada 14 Juni 2014 lalu. Ini adalah kali pertama buat dia menjadi bos di sebuah tim kasta tertinggi sepakbola Inggris.


- Louis Van Gaal (Manchester United)

Satu wajah yang membuat persaingan Premier League makin panas musim depan. Pria 62 tahun itu sudah pernah merasakan sukses bersama Ajax Amsterdam, Barcelona, Bayern Munich, sampai Timnas Belanda.


Kedatangan Van Gaal usai kegagalan musim lalu menambah rasa percaya diri kubu MU. Dengan catatan 61,47 persen kemenangan dari 789 total laga, pantas saja kalau 'Tulip Besi' diharapkan mengembalikan kedigdayaan 'Setan Merah'.


- Ronaldo Koeman (Southampton)

Legenda Belanda ini memulai karir pelatihnya jadi asisten di Belanda dan Barcelona. Koeman lalu meraih sukses saat menjadi pelatih Ajax, PSV Eindhoven, serta Valencia.


Pria yang saat ini berusia 51 tahun tersebut resmi menjabat sebagai pelatih Premier League saat diikat 3 tahun oleh Southampton pada Juni 2014, usai keputusan Mauricio Pochettino yang hijrah ke Tottenham Hotspur. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya