5 PR Van Gaal di Old Trafford

Louis van Gaal
Sumber :
  • REUTERS/Ricardo Moraes
VIVAbola - Louis van Gaal menyelesaikan tugasnya di Timnas Belanda dengan catatan manis. Kini, pekerjaan besar sudah menunggu Van Gaal.
Rekor Buruk Mourinho di MU

Pelatih berkebangsaan Belanda ini akan menangani raksasa Inggris, Manchester United. Van Gaal diharapkan bisa mengembalikan kejayaan MU yang hilang musim lalu.
MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Bukan pekerjaan mudah. Ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan mantan pelatih Bayern Munich ini. Yang paling krusial adalah menentukan siapa kapten baru Red Devils untuk musim depan.
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus

Berikut lima pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Van Gaal jika ingin sukses di Inggris, versi Daily Star:

1. Memperbaiki lini pertahanan

Lini pertahanan MU memang menjadi fokus utama. Maklum, Red Devils sudah kehilangan dua pilarnya di sektor ini, yaitu Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic. Kemungkinan MU juga akan kehilangan Patrice Evra.

Untuk Evra, MU sudah mendapatkan penggantinya. Dia adalah Luke Shaw yang didatangkan dari Southampton. Sementara itu, untuk Vidic dan Ferdinand, Van Gaal masih mencari sosok yang tepat. Mantan pelatih Bayern Munich itu terus diisukan akan menggaet anak asuhnya di Timnas Belanda.

2. Menciptakan lini tengah yang mendominasi

Sektor ini menjadi salah satu kelemahan MU musim lalu. Tak ada pemain yang mampu menjadi pemimpin. Lini tengah MU juga tak mampu mendominasi laga.

Ander Herrera sudah didatangkan untuk mengatasi masalah ini. Namun, masih ada beberapa pemain lagi yang tengah dilirik Van Gaal. Salah satunya adalah Wesley Sneijder, pemain Belanda yang kini membela Galatasaray.

3. Menentukan kapten tim

Selepas peninggalan Nemanja Vidic, praktis posisi kapten di MU menjadi lowong. Ada beberapa calon yang disiapkan untuk mengisi posisi tersebut.

Dari sekian calon, ada dua kandidat kuat yang akan bersaing, yaitu Wayne Rooney dan Robin van Persie. Kabar yang beredar, Van Gaal akan memilih Van Persie karena sudah tahu karakter pemain Belanda itu. Namun, Rooney adalah pemain yang sudah lama berada di Old Trafford.

4. Membuat MU kembali tampil menghibur

Musim lalu penampilan MU memang begitu membosankan. Manajer David Moyes seperti tak menemukan skema baku dalam timnya. Hasilnya, MU seperti masih mencari jati diri. 

Van Gaal sebenarnya punya gaya dan filosofi yang sudah dipegangnya sejak lama. Banyak yang memprediksi, Van Gaal akan menerapkan Total Football di Old Trafford. Mari berharap gaya tersebut akan menghibur publik Inggris.

5. Menciptakan suasana kondusif di ruang ganti

Van Gaal harus bisa menyatukan timnya. Salah satu caranya adalah melepaskan ego pemain besar. Selain itu, Van Gaal harus mampu mengurangi beban yang diterima pemainnya. Jika ini berhasil, bukan tak mungkin Van Gaal akan mengikuti jejak pelatih asing yang sukses berkiprah di Liga Inggris. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya