Eropa Hattrick Juara Piala Dunia Sejak 2006

Pemain Jerman saat merayakan juara Piala Dunia 2014
Sumber :
  • REUTERS/Leonhard Foeger
VIVAbola
Korsel Hampir Permalukan Jerman di Penyisihan Olimpiade
- Jerman meraih trofi Piala Dunia 2014 usai menaklukkan Argentina 1-0 di laga final di Estadio Maracana, Senin 14 Juli 2014. Ini merupakan trofi Piala Dunia keempat Jerman sepanjang sejarah.

Wasit Prancis vs Jerman Sempat Tak Sadar Ada Serangan Bom

Sukses Jerman di Piala Dunia 2014 ini juga sekaligus mematahkan kutukan tanah Amerika Latin bagi tim-tim Eropa. Seperti diketahui, Jerman menjadi tim Eropa pertama yang juara Piala Dunia di Amerika Latin.
Hadiah Joachim Loew untuk 'Si Anak Ajaib' Jerman


Lebih dari itu, Jerman juga melanjutkan dominasi tim-tim Eropa di ajang Piala Dunia. Tercatat, wakil-wakil Eropa berhasil memenangi tiga Piala Dunia terakhir. Dan hebatnya, itu terjadi di tiga benua berbeda.


Sebelumnya, di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Spanyol keluar sebagai juara usai menundukkan Belanda di final 1-0. Sementara di Piala Dunia 2006 di Jerman, Italia yang keluar sebagai juara usai menaklukkan Prancis di final.


Fakta ini menjadi 'pekerjaan rumah' bagi para raksasa Amerika Latin seperti Brasil dan Argentina. Sebab, di Piala Dunia sebelumnya, para wakil Eropa selalu bersaing dan bergantian juara dengan para raksasa Amerika Latin.


Di Piala Dunia 2002 Jepang Korea Selatan, Brasil yang menjadi juara usai menaklukkan Jerman. di Piala Dunia 1998, giliran Prancis juara dengan menekuk Brasil. Pada Piala Dunia 1994 di AS, Brasil yang keluar sebagai juara.


Sejak pertamakali digelar pada 1930, sudah digelar 20 kali perhelatan Piala Dunia, Dan Eropa masih mendominasi dengan memenangi 11 di antaranya (Jerman 4, Italia 4, Prancis 1, Inggris 1 dan Spanyol 1).


Sementara sembilan Piala Dunia lainnya dimenangi oleh tiga wakil Amerika Selatan (Brasil 5, Argentina 2 dan Uruguay 2).


Lihat artikel menarik lainnya
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya