Kebangkitan Pemilik Nomor 10 di Piala Dunia 2014

Pemain Timnas Kolombia, James Rodriguez
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Moraes

VIVAbola – Para pemain yang biasanya mengenakan nomor punggung 10 merupakan tulang punggung timnya. Nama-nama legenda sepakbola dunia juga tak sedikit yang merupakan pemilik kostum nomor punggung 10.

Diego Armando Maradona di Timnas Argentina adalah salah satu contoh nyata bahwa pemilik nomor punggung 10 adalah ruh dari permainan sebuah tim. Selain itu, Brasil punya Pele dan Zico sebagai pemain legenda yang juga memakai kostum nomor punggung 10.

Legenda Prancis, Zinedine Zidane juga menjadi simbol pemain dengan nomor punggung 10, sementara Italia memiliki Roberto Baggio. Beberapa tahun terakhir, tuah pemain pemilik nomor 10 kurang bersinar, kini di Piala Dunia 2014, sentuhan mereka kembali terlihat.

Berikut para pemain nomor punggung 10 yang bersinar di Piala Dunia 2014:    

Lionel Messi (Argentina)

Tanpa gol-gol yang dicetak Lionel Messi, mungkin Argentina tak akan sampai ke perempatfinal. Messi adalah contoh nyata pemilik nomor 10, disebut-sebut sebagai titisan Maradona. Sejauh ini dia telah mencetak 4 gol di Piala Dunia dan mimpinya membawa pulang trofi Piala Dunia 2014 ke Argentina.

James Rodriguez (Kolombia)

Namanya kian bersinar di Piala Dunia 2014 dengan mengantarkan Kolombia melaju sampai perempatfinal. Bukan hanya itu, pemain bernomor punggung 10 di Timnas Kolombia ini juga telah mencetak lima gol sampai babak 16 besar, sehingga dia juga diprediksi bisa menjadi salah satu pemain terbaik di Piala Dunia 2014. 

Neymar (Brasil)

Peran sentralnya di Timnas Brasil tak terbantahkan di Piala Dunia 2014. Neymar menjadi nyawa sekaligus mood permainan anak-anak asuhan Luiz Felipe Scolari. Empat gol telah dihasilkan pemilik nomor 10 Selecao ini selama Piala Dunia 2014.

Sayang, Neymar harus cedera dalam laga perempatfinal kontra Kolombia, yang membuat dia absen ketika Brasil berhadapan dengan Jerman di semifinal. Absennya penyerang Barcelona ini juga dianggap sebagai salah satu penyebab Brasil kalah telak 7-1 dari Der Panzer.

Kolongi Pemain Leicester, Messi Malah Dapat Hadiah

Bintang Timnas Belanda, Wesley Sneijder

Wesley Sneijder (Belanda)

Tak bisa dipungkiri, sebagai pengatur irama permainan, Wesley Sneijder banyak berjasa dalam gaya menyerang Belanda selama Piala Dunia 2014. Sneijder dipercaya pelatih Louis van Gaal sebagai sosok yang mengalirkan bola ke Arjen Robben atau Robin van Persie.

Sesekali, pemilik nomor punggung 10 De Oranje ini juga bisa menghukum kiper tim lawan dengan sepakan kerasnya yang tak terduga. Sneijder masih membuktikan diri sebagai gelandang kelas dunia yang dibutuhkan Belanda.  

Karim Benzema (Prancis)


Pemilik nomor punggung 10 di Timnas Prancis ini merupakan pemain dengan tipikal yang sedikit berbeda. Karim Benzema adalah seorang mesin gol bagi Les Bleus, bukan seorang pengatur irama permainan tim.

Namun, Benzema juga pemain kunci bagi anak-anak asuhan Didier Deschamps selama Piala Dunia 2014. Kesuksesan Prancis lolos ke perempatfinal juga tak lepas dari peran Benzema yang mampu memimpin rekan-rekan setimnya di lapangan. 

Kejutan, Messi Tercoret dari Nominasi Pemain Terbaik Eropa

Lihat berita menarik lainnya, klik di sini

Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016