Pergi "Anak Bawang", Pulang Kosta Rika Jadi Pahlawan

Bus yang mengangkut pemain Kosta Rika (kanan) dikerumini fans
Sumber :
  • REUTERS/Juan Carlos Ulate

VIVAbola - Penampilan luar biasa Kosta Rika di Piala Dunia 2014 membuat publik negara berpopulasi 4,5 juta jiwa itu menggila. Negara kecil di Amerika Tengah itu berpesta menyambut skuad Los Ticos yang menjadi pahlawan.

Kosta Rika melangkah ke Brasil dengan status "anak bawang" dan diprediksi jadi bulan-bulanan Inggris, Italia, dan Uruguay. Namun, prediksi sukses mereka putar dengan merebut tujuh poin sekaligus memulangkan Inggris dan Italia lebih cepat.

Pada babak 16 besar, sekali lagi tim asuhan Jorge Luis Pinto berhasil lolos dengan menawan. Yunani berhasil mereka bungkam lewat drama adu penalti. Kosta Rika lolos ke delapan besar untuk pertama kali.

Mimpi Kosta Rika akhirnya terhenti oleh Belanda, itu pun hanya lewat adu penalti. Keberhasilan ini menumbuhkan rasa hormat dari masyarakat Kosta Rika secara keseluruhan. Kepulangan para jagoan lapangan hijau itu pun disambut ribuan warga.

Kiper Andalan Kosta Rika Mendekat ke Bayern Munich



Seperti dilansir Daily Mail, para pemain mendarat di Ibu Kota San Jose pada Selasa, 8 Juli 2014 atau Rabu WIB. Kiper, Keylor Navas, mengibarkan bendera Kosta Rika lewat jendela di moncong pesawat. Semprotan air, tanda penghormatan, pun dilewati burung besi berkelir putih tersebut.

Di sisi bandara, ribuan fans sudah menunggu. Pria, wanita, anak-anak membawa bendera Kosta Rika. Kebanyakan dari mereka mengenakan baju berwarna merah. Jalan raya menuju bandara pun lumpuh karena kerumunan orang.



Tepuk tangan dan sorakan bergemuruh saat para pemain keluar dari pesawat. Pelatih Luis Pinto, Joel Campbell, sampai Keylor Navas bergantian disambut oleh Presiden Kosta Rika, Luis Guillermo Solis, sambil sesekali melambai ke arah fans.

Setelah itu, para pemain Kosta Rika berkeliling kota dengan bus beratap terbuka. Para pemain dengan sabar membubuhkan tanda tangan untuk para suporter yang histeris.



Perayaan berlanjut ke pusat kota. Sebuah panggung disiapkan menyambut para pemain. Seluruh masyarakat dan pemain bernyanyi serta berpesta sepanjang malam. Navas tanpa ragu mengambil mikrofon dan bernyanyi.



Ketangguhan Kosta Rika berbuah cinta dari para masyarakat. Walaupun tak menjadi juara, "si anak bawang" kini menjadi seorang pahlawan bangsa. From zero to hero, Los Ticos! (art)

Striker Uruguay, Luis Suarez (kiri) saat hadapi Kosta Rika

Drama 6 Gol Warnai Duel Uruguay Vs Kosta Rika

Luis Suarez turut menyumbangkan satu gol.

img_title
VIVA.co.id
14 November 2014