Kata Kiper Kosta Rika Usai Jadi Pahlawan Adu Penalti

Kiper Kosta Rika, Keylor Navas
Sumber :
  • Winslow Townson-USA TODAY Sports
VIVAbola -
Penampilan Apik Navas Bikin Madrid Lupakan De Gea
Kiper Kosta Rika, Keylor Navas, tampil sebagai pahlawan saat melawan Yunani di babak 16 besar Piala Dunia, Minggu 29 Juni 2014 (Senin dini hari WIB). Kiper Levante ini menggagalkan penalti lawan dan memastikan langkah Kosta Rika ke babak perempat final.

Kiper Madrid Ungkap Rahasia Gagalkan Tendangan Penalti

Laga Kosta Rika melawan Yunani di Arena Pernambuco, Recife berjalan alot. Kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit. Pertandingan akhirnya harus dilanjutkan lewat adu penalti.
Kiper Madrid Lewati Rekor Mantan Pemain MU


Theofanis Gekas maju sebagai eksekutor keempat Yunani dalam adu penalti. Dengan cemerlang, Navas menggagalkan penalti pemain 34 tahun tersebut. Michael Umana akhirnya memastikan kemenangan Kosta Rika 5-3 lewat adu tos-tosan.


"Saya tak ingat apa yang ada dalam pikiran. Yang saya lakukan hanyalah bereaksi dan membuat bola keluar," kata Navas seperti dikutip situs FIFA.


"Anda bisa berlatih penalti dan mempelajari apa yang penendang lakukan. Namun, saya harus berterima kasih pada rekan setim saya, yang bisa menendang 100 persen masuk," lanjutnya.


Kemenangan ini membuat Kosta Rika mencatat sejarah, untuk kali pertama lolos ke babak perempat final dan akan menantang Belanda. Kemenangan ini juga terasa spesial, karena Kosta Rika harus bermain dengan 10 orang setelah Oscar Duarte menerima kartu kuning kedua pada menit 66.


"Kami membuat sejarah dan ingin mendapat tempat dalam hati masyarakat selamanya. Saya senang dan bersyukur kepada Tuhan atas perasaan ini setelah kemenangan penting untuk kami dan seluruh negeri," ucap Navas.


"Ini sama sekali bukan pertandingan yang mudah. Ada saat kami mengontrol pertandingan, ada juga saat di mana lawan ada di atas. Tentu saja bermain dengan 10 orang berbeda, namun kami tak kenal menyerah," tegas pemain 27 tahun ini. (art)


Lihat berita menarik lainnya dengan
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya