Kritik Wasit, Pelatih Meksiko Tuding Robben Diving

Pelatih Meksiko, Miguel Herrera
Sumber :
  • REUTERS

VIVAbola – Pelatih tim nasional Meksiko, Miguel Herrera, melontarkan kritik keras kepemimpinan wasit Pedro Proenca saat timnya berhadapan dengan Belanda di 16 besar Piala Dunia 2014. Menurut Herrera, Meksiko selalu mendapat wasit yang buruk selama tampil di Piala Dunia 2014 Brasil.  

Sempat memimpin 1-0 lewat gol Giovanni dos Santos pada menit ke-48, Meksiko harus tersingkir setelah kalah 2-1 dari De Oranje. Dua gol Belanda lahir jelang pertandingan berakhir melalui Wesley Sneijder dan penalti Klaas Jan Huntelaar.

Penalti ini yang dianggap Herrera salah satu keputusan wasit yang amat kontroversial. Sebab, dia yakin, Arjen Robben yang dijatuhkan di kotak terlarang oleh Rafael Marquez telah melakukan diving untuk mengelabui wasit dan mendapat penalti.  

“Tiga kali Robben melakukan diving dan seharusnya dia sudah diberikan peringatan. Anda harus waspada kepada pemain yang mencoba berbuat curang, dan jika Robben kembali melakukan hal tersebut, seharusnya diganjar kartu merah,” kata Herrera, seperti dilansir Sky Sports.

“Keputusan wasit yang meragukan selalu kami hadapi kami. Kami harus mengatakan ini menggunakan huruf kapital, bahwa dalam tiga pertandingan kami mendapatkan kepemimpinan wasit yang buruk . Pria dengan peluit telah mengalahkan kami,” tegasnya.

Herrera kemudian juga tak habis pikir, mengapa FIFA menunjuk Pedro Proenca, yang asal Portugal untuk memimpin laga antara Belanda kontra Meksiko. Dia mencurigai Proenca karena sama-sama berasal dari benua Eropa seperti halnya Belanda.  

“Mengapa FIFA memilihnya, wasit yang berasal dari benua yang sama dengan Belanda. Wasit yang dipilih untuk pertandingan tadi seharusnya dari negara-negara Amerika Selatan, Asia, atau Afrika,” ujar dia.

45 Menit, Vardy Bawa Inggris Ungguli Belanda

Lihat berita menarik lain klik di sini

Pemain Belanda, Luciano Narsingh (kanan) rayakan gol

Belanda Permalukan Inggris di Wembley

Padahal, Inggris sempat unggul lebih dulu.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2016