"Raja" AFC Cup Jadi Ujian Berat Persipura di 8 Besar

Pemain Persipura Jayapura
Sumber :
  • VIVAnews/Banjir Ambaritma
VIVAbola
Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura
- Melaju ke babak 8 besar AFC Cup 2014, Persipura berpeluang memperbaiki kiprah wakil Indonesia di ajang bergengsi kasta kedua antarklub Asia ini. Dalam tiga musim terakhir, langkah wakil-wakil Indonesia selalu terhenti di babak 8 besar.

Dramatis, 10 Pemain Persipura Tekuk Tuan Rumah BSU

Persipura berpeluang besar menjadi wakil pertama Indonesia yang melaju ke babak semifinal AFC Cup. Sayangnya, hasil undian tidak menguntungkan Persipura. Tim berjuluk Mutiara Hitam ini langsung mendapat ujian berat.
Bomber Tajam MU Waspadai Boaz Solossa


Dalam hasil undian perempat final AFC Cup yang digelar di AFC House, Kuala Lumpur Malaysia, Rabu 28 mei 2014, skuad besutan Jacksen F Tiago bakal berjumpa juara bertahan dua musim berturut-turut, Kuwait SC di babak 8 besar.

Persipura terlebih dulu akan bertandang ke markas tim berjuluk The Brigadiers tersebut, Kuwait SC Stadium, pada 19 Agustus 2014 mendatang. Baru seminggu setelahnya Mutiara Hitam akan menjamu Kuwait SC di Stadion Mandala, Jayapura.


Kuwait SC,
"Raja" AFC Cup

Raksasa Kuwait ini bisa dianggap sebagai rajanya di AFC Cup. Klub berjuluk The Brigadier ini menjadi klub terbanyak meraih trofi AFC Cup. Kuwait SC sudah membukukan tiga gelar juara sejak turnamen AFC Cup mulai diadakan pada 2004.


Dan tiga gelar juara yang dibukukan Kuwait SC diraih dalam rentang lima tahun terakhir (2009, 2012 dan 2013). Kuwait juga nyaris jadi juara AFC Cup 2011. Namun, mereka kalah 1-2 di final dari raksasa Uzbekistan, Nasaf Qarshi.


Di tingkat domestik, klub berusia 53 tahun ini bergelimang trofi. Kuwait tercatat sudah meraih 11 trofi Kuwaiti Premier League, 10 trofi Kuwaiti Emir Cup, 4 trofi Kuwait Federation Cup, satu trofi Kuwait Super Cup dan satu trofi Al Kurafi Cup.


Kuwait tampil di AFC Cup 2014 dengan status juara kompetisi domestik KPL (Kuwaiti Premier League) 2013. Kuwait SC lolos ke babak 16 besar setelah memuncaki klasemen grup B babak penyisihan AFC Cup 2014 (4 kemenangan, 1 imbang, 1 kalah).


Kuwait melaju ke babak perempat final usai menyingkirkan wakil Bahrain, Riffa dengan skor telak 3-0 di babak 16 besar pada 14 Mei lalu. Tiga gol Kuwait disarangkan Isaam Jemaa (44'), Hussain Hakim (82') dan Jarah Al Ateeqi (90').


Uniknya, meski berstatus juara bertahan dan kandidat juara, Kuwait tidak menyumbang satu pemain pun dalam daftar 10 pencetak gol terbanyak sementara AFC Cup musim ini. Ini membuktikan Kuwait tidak mengandalkan satu pemain dalam hal gol.


Kiprah Persipura di Kancah Asia


Meski mendapat lawan tangguh, pelatih Persipura, Jacksen F Tiago, mengaku belum mengetahui kekuatan sebenarnya Kuwait SC. Pelatih asal Brasil itu pun masih coba menelusuri sistem permainan Kuwait SC secara mendalam.


"Kami masih akan memantau permainan Kuwait SC. Harus dianalisa dengan sangat hati-hati. Perkembangan sepakbola sangat cepat. Jadi, pasti ada perubahan dalam tim-tim asal Timur Tengah," kata Jacksen lewat pesan singkat.


"Yang saya tahu, Kuwait sudah juara AFC Cup sebanyak tiga kali," lanjutnya.


Walau tidak diunggulkan melawan Kuwait SC, aksi Persipura musim ini terbilang cukup cemerlang di AFC Cup. Persipura memuncaki klasemen grup E babak penyisihan dengan memetik tiga kemenangan, dua hasil imbang dan satu kekalahan.


Kejutan dibuat Persipura di babak 16 besar, Boaz Solossa dan kawan-kawan menggasak wakil Myanmar, Yangon United, dengan skor mencolok 9-2. Kemenangan besar ini pun mengantarkan Persipura melaju ke babak perempat final.


Melaju ke perempatfinal AFC 2014 menjadi prestasi tersendiri bagi Persipura. Sebab, di dua penampilan mereka dalam keikutsertaan di ajang AFC Cup, Persipura selalu berhasil mencapai babak perempat final atau babak 8 besar.


Namun, target Persipura berlaga di AFC Cup bukan sekedar jadi tim hiburan yang sudah puas melangkah hingga babak perempat final. Juara Indonesia Super League (ISL) 2013 ini tentu berharap bisa melaju ke final dan meraih juara. (one)


Lihat artikel menarik lainnya
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya