4 Hal yang Jadi PR Pelatih Anyar Barca

Pelatih Barcelona, Luis Enrique.
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea
VIVAbola - Luis Enrique resmi ditunjuk sebagai pelatih anyar Barcelona. Tugas berat sudah menanti mantan punggawa Blaugrana tersebut.
Lawan Sevilla, Barcelona Sudah Putuskan Kiper Utama

Enrique diwajibkan untuk mengembalikan kejayaan Barcelona yang sempat pudar sejak ditangani oleh Gerardo Martino. Gelar mungkin menjadi harga mati bagi Enrique di musim depan.
Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Ada beberapa hal yang harus dibenahi oleh Enrique. Salah satunya adalah mengembalikan Lionel Messi ke bentuk permainan terbaiknya. 
Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Berikut 4 hal yang menjadi fokus Luis Enrique versi Sportsmole:

1. Mengembalikan Sentuhan Magis Lionel Messi

Musim ini, Lionel Messi bermain sebanyak 46 laga dan mencetak 41 gol. Catatan itu sebenarnya sudah bagus bagi seorang pemain. Tapi, untuk ukuran pemain terbaik dunia seperti Messi statistik itu belum memuaskan.

Messi awalnya sempat menampilkan performa yang mengagumkan. Namun, cedera membuat penampilan pemain asal Argentina itu terus menurun. Hingga akhir musim, Messi tak tampil dengan kemampuan terbaiknya. Tak bisa dipungkiri, saat Messi bermain di bawah standar, penampilan Barcelona tak jauh berbeda.

Enrique harus bisa melakukan pendekatan khusus kepada sang bintang. Jika gagal, bukan tak mungkin Messi tetap tak kembali ke performa sebelumnya dan akhirnya pergi.

2. Bursa Transfer Pemain

Enrique dipusingkan dengan sejumlah pemain yang sudah pasti tak membela Barcelona, musim depan. Victor Valdes, Jose Pinto, Carles Puyol dan Dani Alves sudah menyatakan pergi. Sementara itu, pemain lainnya dilaporkan tak betah dan bersiap untuk hengkang.

Untuk posisi kiper, Enrique sudah punya penggantinya. Blaugrana baru saja merekrut kiper Borussia Monchengladbach, Marc-Andre ter Stegen. Kiper asal Jerman itu akan mengisi posisi yang ditinggalkan Victor Valdes dan Jose Pinto.

Selanjutnya adalah mencari pemain yang berposisi bek. David Luiz masuk dalam incaran sebagai penerus Carles Puyol. Namun, beberapa pemain juga masuk dalam daftar buruan.

Lini tengah dan depan juga harus diperhatikan. Beberapa pemain Barcelona sudah mulai didekati oleh tim lain. Sebut saja Cesc Fabregas dan Alexis Sanchez yang terus diisukan oleh media.

3.Mereformasi Taktik Tiki-taka

Gaya penguasaan bola memang menjadi ciri khas klub asal Catalan itu. Namun, gaya yang kerap disebut tiki-taka itu mulai bisa dibaca oleh lawan.

Tugas Enrique adalah memperbaharuinya. Mereformasi tiki-taka bisa membuat Barcelona kembali menakutkan. Menarik untuk melihat tiki-taka ala Enrique, musim depan. 

Gerardo Martino pernah mencoba untuk mereformasi gaya peninggalan Pep Guardiola itu, namun gagal. Pelatih asal Argentina itu pun terdepak dari kursinya.

4. Menemukan Posisi Terbaik untuk Neymar

Dibeli dengan mahal, Neymar Jr justru tak memberikan kontribusi positif. Pemain asal Brasil itu bahkan sering mendapatkan kritikan ketimbang pujian dari publik Catalan.

Biangnya adalah posisi yang diberikan oleh pelatih Barcelona sebelumnya. Neymar terlihat tak leluasa ketika ditempatkan sebagai penyerang sayap. 

Tugas Enrique adalah memberikan posisi yang tepat tanpa mengganggu posisi pemain lain. Seperti diketahui, Neymar bertipikal bomber yang doyan mengeksplorasi diri. Gaya bermainnya hampir sama seperti Lionel Messi. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya