Juara Europa League, Sevilla Samai Rekor 3 Klub Elit Eropa

Sevilla juara Europa League 2013-14
Sumber :
  • REUTERS/Alessandro Garofalo
VIVAbola -
Terungkap Alasan Bomber Argentina Tolak Pinangan Barcelona
Hasil manis berhasil diraih Sevilla di final Liga Europa, Rabu 14 Mei 2014 (Kamis dini hari WIB). Tim asal Andalusia ini sukses menjadi juara untuk kali ketiga usai menaklukkan Benfica 4-2 lewat adu penalti. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Ini Modal Real Madrid Raih Piala Super Eropa

Hasil ini membuat Sevilla menorehkan rekor istimewa. Mereka tercatat sebagai tim terbanyak yang mengoleksi gelar Europa League (dulu bernama Piala UEFA). Sevilla setara dengan Juventus, Liverpool, dan Inter Milan yang sama-sama mengoleksi tiga gelar.
Girangnya Ramos Setelah Taklukkan Sevilla


Gelar pertama Sevilla diraih pada 2005-06. Dilatih oleh Juande Ramos, Sevilla yang Jesus Navas, Javier Saviola, dan Frederic Kanoute menghancurkan wakil Inggris, Middlesbrough dengan skor telak 4-0. Enzo Maresca mencetak dua gol. Dua gol lainnya disumbangkan Luis Fabiano dan Kanoute.


Semusim kemudian, Sevilla kembali menembus partai puncak. Hamden Park, Glasgow menjadi saksi keperkasaan tim besutan Juande Ramos. Mereka sukses menaklukkan tim sesama Spanyol, Espanyol. Sevilla menaklukkan Espanyol 3-1 lewat adu penalti, setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit.


Dan musim ini, Sevilla kembali menjadi yang terbaik di Europa League. Drama adu penalti kembali menjadi penentu gelar Sevilla. Tim berjuluk Sevillistas ini menaklukkan Benfica 4-2 lewat adu penalti setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit.


Hebatnya, dalam 3 kali menembus final, Sevilla selalu menjadi juara. Hal ini berbanding terbalik dengan Benfica yang selalu gagal juara dalam 8 partai final di kompetisi Eropa.


Pencapaian Sevilla sama dengan Liverpool. The Reds juga menjadi juara dalam 3 kesempatan tampil di Piala UEFA. Mereka menjadi juara pada 1973, 1976, dan 2001.


Berbeda dengan Sevilla dan Liverpool, Juventus dan Inter Milan butuh 4 final untuk menjadi juara. Juventus menjuarai Piala UEFA pada 1977, 1990, 1993 dan sekali runner-up pada 1995. Sementara itu, Inter menjadi yang terbaik pada 1991, 1994, 1998 dan sekali menjadi runner-up pada 1997.


Lihat berita menarik lainnya dengan
.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya