Arema & Mitra Kukar Juara Paruh Musim ISL 2014

Pemain Arema Cronus, Gustavo Lopez, merayakan gol
Sumber :
  • ANTARA FOTO
VIVAbola
Hanya Cetak 7 Gol dari 14 Laga, Apa Solusi Persija?
- Putaran pertama Liga Super Indonesia (ISL) akhirnya selesai. Arema Cronus dan Mitra Kukar sukses keluar sebagai juara paruh musim setelah menjadi pemimpin di papan klasemen masing-masing grup.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Di Grup 1, Arema tidak terbendung sama sekali. Tim asuhan Suharno itu kokoh di puncak klasemen dengan torehan 27 poin, unggul tujuh poin dari Persib Bandung di posisi dua.
Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura


Hebatnya, "Singo Edan" hanya kalah satu kali dari 10 laga pertama sejauh ini (dari Persib 2-3). Sisanya, tim asal kota Malang tersebut selalu berhasil merebut tiga poin dari tangan lawan-lawannya.

Kemenangan terbesar Arema dicatatkan saat menang 5-0 atas Persik Kediri bulan Februari silam dan atas Gresik United hari Kamis malam kemarin, dimana Syamsul Arif mencetak tiga gol.

Persib juga tampil baik dengan menduduki peringkat dua klasemen. "Maung Bandung" mengumpulkan 20 poin, hasil enam kali menang, dua kali imbang dan dua kali kalah.


Dua laga terakhir Persib membuat persaingan di puncak klasemen sedikit mengendur. Setelah kalah 0-1 dari Pelita Bandung Raya, tim asuhan Djajang Nurjaman itu ditahan imbang 0-0 oleh Persija Jakarta pada laga Kamis kemarin.


Peringkat tiga diisi oleh Persija. Tim asal ibukota itu mendulang 18 poin dalam 10 laga awal. "Macan Kemayoran" hanya kalah dua kali sejauh ini, dari Persik dan Arema. Persija bersaing ketat dengan Semen Padang yang menguntit di bawahnya dengan defisit satu poin saja.


Peringkat lima Grup 1 ditempati oleh PBR. Tim yang tampil mengejutkan sepanjang awal musim ini berhasil mengumpulkan 15 poin, mengungguli Sriwijaya FC, Barito Putera, dan Persita Tangerang.


Persaingan lebih ketat ditunjukan di Grup 2. Lima tim teratas hanya berjarak tujuh poin saja. Perebutan posisi menuju babak delapan besar pun semakin panas.


Mitra Kukar keluar sebagai juara paruh musim Grup 2 dengan total 20 poin, hasil enam kali menang, dua kali imbang, dan dua kali kalah. Hasil ini cukup mengejutkan karena "Naga Mekes" sukses ungguli Persipura Jayapura dan Persebaya Surabaya.


Di peringkat dua, secara mengejutkan ditempati oleh Persela Lamongan. Wakil Jawa Timur itu bercokol sebagai runner-up dengan 19 poin. Kekalahan 0-3 dari Putra Samarinda kemarin membuat "Laskar Joko Tingkir" gagal ke puncak klasemen.


Dua favorit juara, Persipura dan Persebaya baru bisa menempati peringkat tiga dan empat Grup 2. "Mutiara Hitam" baru bisa mengumpulkan 18 poin, setelah menelan tiga hasil imbang dalam empat laga terakhir. Meski demikian, sang juara bertahan ISL masih tak terkalahkan sejauh ini.


Persebaya sendiri harus puas menempati peringkat empat di paruh musim ini. Tim asuhan Rahmad Darmawan itu mengumpulkan 17 poin, hasil enam kali menang, dua kali kalah, dan dua kali imbang. Performa tim bertabur bintang ini masih belum konsisten.


Di peringkat lima, Persiram Raja Ampat menjadi tim kejutan di Grup 2. Tim yang musim lalu menempati peringkat delapan itu saat ini menduduki peringkat lima dengan 13 poin, ungguli Persiba Balikpapan, Persepam Madura United, dan Perseru Serui.


5 besar klasemen ISL 2014 sampai paruh musim:
GRUP 1:

1. Arema Cronus    24 poin

2. Persib Bandung   20 poin

3. Persija Jakarta    18 poin

4. Semen Padang    17 poin

5. PBR                    15 poin


GRUP 2:

1. Mitra Kukar                20 poin

2. Persela Lamongan      19 poin

3. Persipura Jayapura     18 poin

4. Persebaya Surabaya   17 poin

5. Persiram Raja Ampat  13 poin   
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya