Everton Pegang Kunci Juara Manchester City

Gelandang Manchester City, David Silva (kanan), saat melawan Everton
Sumber :
  • REUTERS/Nigel Roddis
VIVAbola
Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam
- Segalanya bisa berubah di akhir pekan ini. Kalimat ini tampaknya sangat pas untuk menggambarkan persaingan di papan atas klasemen Premier League yang melibatkan tiga raksasa Inggris: Liverpool, Chelsea dan Manchester City.

Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan

Saat ini, Steven Gerrard dan kawan-kawan masih menguasai puncak klasemen dengan 80 poin. Di peringkat dua ada Chelsea yang mengantongi 78 poin. Manchester City menguntit di urutan ketiga dengan total 77 poin.
Klopp Ternyata Pernah Kepincut Datangkan De Bruyne


Namun, Manchester City berpeluang besar menyalip Liverpool dan Chelsea, akhir pekan ini. Pasalnya, The Citizens masih menyimpan satu laga sisa lebih banyak dari kedua rivalnya itu. Dan laga tersebut akan digelar Sabtu, 3 Mei 2014.

ManCity akan menghadapi Everton di Goodison Park. Dan Sergio Aguero cs wajib memenangi laga tersebut demi menguasai puncak klasemen. Misi yang tidak mudah. Karena Everton juga punya misi besar di dua laga tersisa.

Kerikil Tajam Bernama Everton


Di laga pertama, ManCity sukses menumbangkan Everton 3-1 pada Oktober 2013 lalu. Namun, perlu diingat kemenangan tersebut terjadi di Etihad Stadium. Sementara itu, laga akhir pekan ini akan berlangsung di kandang Everton.


ManCity tercatat punya rekor buruk dalam empat kunjungan terakhir ke Goodison Park. The Citizens selalu kalah. Terakhir kali ManCity menang di kandang Everton terjadi lima tahun silam, tepatnya pada 25 April 2009. Saat itu ManCity menang 2-1.


Selain berbekal rekor bagus, Everton juga disinyalir bakal tampil ngotot memburu poin penuh di dua laga tersisa, yang satu di antaranya adalah pertandingan melawan ManCity akhir pekan nanti.


Everton berambisi menyalip Arsenal di posisi 4 sekaligus mengamankan satu tiket Liga Champions musim depan. Hal itu masih memungkinkan. Syaratnya, Everton wajib memenangi dua laga sisa dan berharap Arsenal tergelincir.


Saat ini, Everton berada di peringkat 5 klasemen dengan 69 poin. Tertinggal empat poin dari Arsenal yang berada di posisi 4 dengan 73 poin. Selisih empat poin dan masih ada enam poin tersisa yang diperebutkan membuat peluang Everton masih ada.


Tak pelak, duel ManCity melawan Everton disinyalir akan berlangsung dengan tensi tinggi. Jika bisa menang di laga ini, maka skuad besutan Manuel Pellegrini berpeluang besar menjuarai Premier League musim ini.


Sebab, Everton menjadi lawan paling tangguh dari tiga lawan tersisa yang dihadapi ManCity. Setelah Everton, ManCity akan menghadapi Aston Villa dan West Ham United yang berada di papan bawah klasemen.


Sehingga bisa dikatakan bahwa peluang meraih trofi Premier League kini sepenuhnya di tangan ManCity. Oleh karenanya, bek sayap The Citizens, Pablo Zabaleta, mengatakan timnya siap bertarung mati-matian hingga akhir.


Melakoni tiga laga tersisa, Zabaleta menyebut ManCity bakal mengusung semangat saat menjuarai Premier League 2012. Seperti diketahui, pada musim 2011/12 ManCity menjadi juara Premier League secara dramatis.


ManCity juara setelah melakoni persaingan ketat dengan Manchester United hingga laga terakhir. The Citizens juara hanya dengan keunggulan selisih gol atas Manchester United.


"Saya pikir kami berbicara tentang itu (gelar juara pada musim 2011/12) pekan ini. Kami tahu, ada di situasi yang sama seperti dua tahun lalu, dan hal terpenting yang mesti kami pelajari dari masa itu adalah spirit tim," ujarnya dilansir Soccerway.


"Mudah-mudahan, kami bisa terus menang di semua laga tersisa. Kami, para pemain, manajer, dan semua staf juga mesti menunjukkan masih lapar akan gelar," sambung pemain kelahiran Buenos Aires, 29 tahun silam tersebut.


Selain itu, meski peluang Liverpool dan ManCity lebih besar, Zabaleta menolak untuk meremehkan Chelsea. "Segalanya berjalan ketat di papan atas dan balapan akan fantastis hingga akhir," tutur pengoleksi 36 caps bersama Timnas Argentina itu.


3 Skenario Perburuan Gelar Premier League


Meski ManCity dalam situasi yang menguntungkan, namun segala kemungkinan dapat terjadi. ManCity sewaktu-waktu dapat tersandung. Begitu juga dengan Liverpool. Dan tak menutup kemungkinan Chelsea justru akan mengejutkan menjelang garis finis.


Berikut ini skenario-skenario yang dapat terjadi dalam perebutan gelar Premier League musim ini:


Jika Liverpool memenangkan dua pertandingan sisa dan Manchester City memenangkan tiga pertandingan sisa, kedua klub memiliki poin sama 86. Pemenang akan ditentukan lewat selisih gol. Saat ini, ManCity memiliki keunggulan plus 8 untuk selisih gol dibanding The Reds.


Chelsea butuh Liverpool dan ManCity kehilangan poin untuk menjaga peluang menjadi juara. Chelsea menyisakan dua partai melawan Norwich City dan Cardiff City.


Sementara itu, Liverpool saat ini masih menyisakan dua laga melawan Crystal Palace dan Newcastle United. Sedangkan Manchester City masih menyisakan tiga partai melawan Everton, Aston Villa dan West Ham United. (one)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya