Tantang 2 Tim ISL, Ajax Bawa Pemain Barcelona

Ajax Amsterdam mengalahkan Barcelona
Sumber :
  • REUTERS/Michael Kooren

VIVAbola - Ajax Amsterdam tidak membawa kekuatan penuh saat menyambangi Jakarta. Sebanyak 4-5 pilar batal tampil karena mengikuti persiapan Piala Dunia 2014. Meski demikian, kapten Siem de Jong dan Bojan Krkic dipastikan hadir.

Ajax dan Barca Ingin Pakai Nama Cruyff untuk Nama Stadion

Hal ini diungkapkan Direktur Marketing Ajax, Edwin van Der Sar, dalam jumpa pers via Skype di Kedutaan Besar Belanda, Kamis 24 April 2014. "Hanya 4-5 pemain yang tidak akan ikut berkunjung ke Indonesia. Alasannya, mereka dipanggil ke pemusatan latihan Timnas masing-masing untuk Piala Dunia 2014," bebernya.

Bojan merupakan pemain yang dibesarkan oleh klub raksasa Spanyol, Barcelona. Penyerang 23 tahun ini dipinjamkan ke Ajax di awal musim ini. Sebelumnya, ia juga sempat memperkuat AS Roma dan dipinjamkan ke AC Milan.

Eks Bek Everton Umumkan Pensiun di Usia 32 Tahun

Ajax rencananya akan menghadapi dua tim lokal di Indonesia. Pada laga pertama, 11 Mei 2014, Ajax akan bertanding menghadapi Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Tiga hari kemudian, tim asal Negeri Kincir Angin itu akan bertandang ke Stadion Si Jalak Harupat untuk menantang Persib Bandung.

Pertandingan melawan Persija merupakan yang kedua bagi Ajax. Pada 1975 lalu, De Amsterdammers dan Macan Kemayoran sudah bentrok di Jakarta. Ketika itu laga berakhir dengan skor 1-1.

Murni Bisnis

Van der Sar menjelaskan bahwa kunjungan Ajax ke Indonesia tak lepas dari urusan bisnis. Menurut mantan penjaga gawang Manchester United tersebut, pihaknya ingin memperluas pasar dan membangun basis supoter di Indonesia.

"Kalau tim Inggris seperti Liverpool dan Manchester United, basis fansnya sudah sangat besar. Benar sekali, Ajax hadir ke Indonesia untuk memperluas pasarnya," kata Van der Sar.

10 Wonderkid yang Diprediksi Bakal Guncang Sepakbola Eropa

"Sepakbola Belanda belum terlalu dikenal orang. Kami ingin pecinta sepakbola di Indonesia kenal dengan Ajax. Sponsor-sponsor kami juga akan sangat terbantu dengan kedatangan kami ke Indonesia. Nilai jual mereka akan meningkat."

Sementara itu, CEO Nine Sport selaku promotor kedatangan Ajax, Arif Putra Wicaksono, menambahkan dipilihnya Persija dan Persib, karena keduanya punya basis fans yang besar. "Kami memang sudah memperhitungkan segalanya untuk bisa menyelenggarakan sebuah pertandingan yang bagus," katanya.

"Ajax juga tim yang memperkenalkan gaya sepakbola modern. Pasar Ajax juga sangat bagus untuk Indonesia. Jadi, sayang jika mereka tak hadir ke Indonesia."

Selain menggelar laga uji coba, Ajax juga akn menjalani beberapa kegiatan seperti coaching clinic, meet and greet, dan lainnya. Mereka baru kembali ke Amsterdam pada 16 Mei 2014 mendatang. (one)

Johan Cruyf

Ajax Beri Persembahan Terakhir untuk Johan Cruyff

Fans membentuk koreografi nama Johan Cruyff.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2016